Fun Kitchen 7th at Emporium Mall Pluit

Fun Kitchen Festival kembali lagi!

Karena respons luar biasa dari event sebelumnya, kita kembali mengadakan Fun Kitchen Festival 7th hanya untuk kamu!
Fun Kitchen Festival 7th akan diadakan di Emporium Pluit Mall Main Atrium dari 2-7th October 2018 (10.00-22.00)

dengan tema Metamorfosis dari Kopi dan Keju.
Akan ada banyak sekali kegiatan menarik untuk semua penyuka masak & baking. Acara harian kami akan termasuk baking demo, lomba masak, demo kopi dan masih banyak lagi!
Tenant kami juga punya banyak promosi special untuk kalian. Jadi jangan lupa dating dan belanja semua kebutuhan dapur kamu.

BARECA juga akan hadir di event ini dan siap memberikan penawaran khusus buat kamu yang butuh referensi bakery, restoran dan kafe, Buku Chocolate : From Bean to Bar, The Indonesian Heritage Treasure juga akan tersedia selama acara loh! See you next week!

Comments { 0 }

Ganesha ek Sanskriti, Sajikan Masakan India dengan Citarasa Tradisional

Kuliner India yang eksotik dan kaya akan rempah-rempah kini sudah mulai digemari oleh para pecinta kuliner. Namun, tidak banyak restoran India di Jakarta yang hadir dengan cita rasa autentik khas tradisional India. Ganesha ek Sanskriti bisa menjadi salah satu pilihan bagi penggemar makanan India yang citarasanya masih tradisional.

Continue Reading →

Comments { 0 }

Mencicipi Sensasi Unik Pedas Jawara, Saus Sambal dengan Perpaduan Bawang Goreng

Bertempat di Kedai Kopi 89, Kemang, Jakarta Selatan, pada 13 September 2018, Unilever Indonesia memperkenalkan inovasi produk Jawara; saus sambal dengan perpaduan bawang goreng yang memberikan sensasi pedas dan gurih. Jawara merupakan brand saus sambal pertama yang dikeluarkan oleh Unilever Indonesia.


Continue Reading →

Comments { 0 }

Java Kitchen Mendapatkan BARECA Award 2018

BARECA Award 2018 merupakan bentuk apresiasi terhadap insan atau tempat usaha kuliner Nusantara, yang dianugerahkan oleh BARECA Magazine. Sejumlah tempat usaha Bakery, Restaurant dan Cafe, juga tenaga pengajar dan institusi pendidikan kuliner serta institusi penelitian kakao dan kopi, yang atas dedikasinya memberikan kualitas produk dan pelayanan yang tinggi kepada masyarakat, telah menerima BARECA Award 2018 sejak pertama diadakan pada April 2018.

Di bulan Juli 2018 lalu, BARECA Magazine kembali memberikan penghargaan BARECA Award 2018 kepada Java Kitchen sebagai Restaurant with High Commitment in Products and Service Quality.

“Pemberian BARECA Award 2018 kepada Java Kitchen, mempertimbangkan bahwa Java Kitchen telah memberikan kualitas produk yang tinggi kepada para pelanggan dan konsumennya. Kami memberi penghargaan ini dengan keyakinan jika Java Kitchen telah mampu menjaga cita rasanya dengan penggunaan bahan baku berkualitas dan berani menetapkan harga jual yang pantas sehingga turut menaikkan citra kuliner tradisional Indonesia,” Ir Petrus Gandamana MM, selaku Pimpinan BARECA Media menjelaskan saat menyerahkan BARECA Award 2018 di Java Kitchen, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Juli lalu. Diterima langsung oleh F&B Manager Java Kitchen, Fitriah, mengungkapkan, “Kami dari Java Kitchen sangat senang dan bangga menerima BARECA Award 2018Di Java Kitchen, kjami menyajikan menu-menu makanan Indonesia, khususnya dari Pulau Jawa, dengan sebaik mungkin dan dengan cita rasa yang autentik serta lebih sehat.”

Filosofi Kejujuran dalam Menyajikan Sajian yang Berkualitas Tinggi

Perjalanan panjang Java Kitchen dimulai pada tahun 1988 di mana berdiri sebuah usaha makanan bernama Soto Lamongan. Ide untuk go international menjadi salah satu pemicu berubahnya brand Soto Lamongan menjadi Java Kitchen di tahun 1993.

Namun, misi untuk terus melestarikan makanan khas Indonesia, khususnya masakan Jawa yang disajikan dengan kejujuran – menggunakan bahan baku natural seperti menggunakan rempah-rempah alami juga santan segar dari perasan parutan kelapa, tidak menggunakan MSG maupun zat pengawet, serta diolah sebaik mungkin dengan proses memasak tradisional untuk menjaga keaslian cita rasanya.

“Java Kitchen didirikan karena melihat, dulu masakan Indonesia kurang dihargai, dianggap makanan pinggir jalan, padahal makanan Indonesia sangat beragam, natural dan kaya rasa. Java Kitchen juga berani membuka gerai di mall ternama karena keyakinan kami untuk terus mengangkat citra kuliner tradisional Indonesia, di mana saat itu banyak pengusaha kuliner lebih memilih membeli franchise restoran dari luar negeri,” Fitriah menuturkan.

Java Kitchen telah mampu membuktikan eksistensi usahanya dengan keberadaan 9 gerainya di Indonesia – 7 gerai di Jakarta, 1 gerai di Bekasi dan 1 gerai di Serpong, Tangerang. Java Kitchen juga telah mendapatkan Sertifikasi Halal MUI.

Menu Unggulan Gado-Gado Ulek

Di Java Kitchen, terdapat menu Gado-Gado Ulek yang menjadi salah satu unggulannya. Gado-Gado Uleknya tersaji dengan aneka sayuran segar, irisan telur, emping dan tentunya bumbu kacang yang sedap jugaharum. Kesegaran bahan baku yang digunakan seperti aneka sayuran organik segar, juga kacang segar untuk bumbu kacang yang dibuat baru setiap harinya, menjadi kunci utama dari cita rasa yang maksimal.

Lodeh Maranggi, Tumpeng Mini, Nasi Rames Ayam turut menjadi bagian dari sejumlah menu-menu unggulan lainnya yang disukai oleh para pelanggan Java Kitchen. Tentunya Java Kitchen juga menyediakan beragam menu minuman sebagai pelengkapnya, mulai dari wedang rempah, aneka jus buah, aneka teh dan kopi, hingga beragam es buah. Dijelaskan oleh Fitriah, jika di Java Kitchen, semua menu minuman termasuk menu jus buah diolah dengan menggunakan air mineral. Java Kitchen sangat serius dalam memilih dan menerapkan bahan baku, tentunya agar terjaga kualitasnya.

Hal ini sejalan dengan komitmen Java Kitchen untuk membawa dan memperkenalkan makanan tradisional Indonesia yang natural kepada generasi muda, agar hidup lebih sehat.” Fitriah menuntaskan penjelasannya.

Penulis : Dewi Sri Rahayu
Fotografer : Hendri Wijaya

Comments { 0 }

Amausaan Uji Matcha, Gunakan Matcha Powder Kualitas Premium dari Jepang

Ingin mendirikan sebuah matcha based dessert shop, merupakan alasan dibukanya Amausaan Uji Matcha pada Oktober 2017. “Partner saya, yang juga pemilik Amausaan Uji Matcha, sudah sering berwisata kuliner ke beberapa negara dan sempat menyantap ragam matcha dessert di Jepang. Dari situlah, kami melihat adanya peluang untuk mendirikan Amausaan Uji Matcha,” Kevin, salah satu pemilik Amausaan Uji Matcha, membuka percakapan.

Gerai Amausaan Uji Matcha didesain dengan desain ruangan bergaya Jepang yang kental, dengan aksen dekorasi ruangan yang sebagian besar didatangkan langsung dari Jepang. Begitu juga dengan bahan baku utama matcha powder berkualitas premium, pun didatangkan langsung dari Uji, Kyoto, Jepang.

Inari Torii dan Matcha Gradient

Diakui Kevin, Inari Torii merupakan best-seller menu di Amausaan Uji Matcha. Inari Torii adalah matcha mille crepes cake berwarna hijau yang tersusun dari lembaran-lembaran tipis matcha crepes dengan matcha whipped cream filling,terbilang lembut saat disantap. Ayakan matcha powder di permukaan cake menjadi identitas cita rasa pembentuk pada Inari Torii.

Gradasi warna yang menarik, terlihat pada Matcha Gradient. “Kami ingin membuat sebuah cheesecake yang tidak hanya lezat disantap, tapi juga terlihat menarik, sehingga semakin mudah disukai konsumen dan pelanggan Amausaan Uji Matcha yang sebagian besar datang dari kisaran usia muda,” Kevin menuturkan.

Matcha Gradient memiliki elemen berupa base berwarna hitam yang dibuat dari homemade ‘oreo-like’ cookies dan unbaked cheesecake dalam 5 gradasi warna; dari putih, hijau muda, hingga hijau tua. Bagian cheesecake yang berwarna putih tentunya diolah tanpa campuran matcha powder.

4 gradasi warna hijau pada cheesecake-nya diolah dengan campuran Uji matcha powder; semakin tua warna hijaunya semakin pekat sensasi bitter dari matcha yang khas. Keseluruhan tampilan Matcha Gradient memberikan kontras warna yang menarik.

Ink Bamboo

Ink Bamboo yang merupakan bamboo charcoal cake roll, menjadi kreasi cake yang menampilkan paduan warna yang juga kontras, dari warna hitam pada bamboo charcoal cake, warna hijau muda pada matcha cream filling dan warna hijau pekat pada raw tea jelly. Ayakan Uji matcha powder di permukaan roll cake turut memberi kontras warna.

“Kami tidak menambahkan pewarna hitam pada Ink Bamboo. Warna hitam pada cake ini murni didapat dari penggunaan  bamboo charcoal powder dari Jepang, yang berlaku sebagai natural food colouring. Seperti juga Uji matcha powder yang membentuk warna hijau pada menu-menu di sini. Sedangkan untuk menu Sakura Series, kami menggunakan campuran sakura powder untuk mendapatkan warna pink-nya,” Kevin mengungkapkan

Dalam mengolah menu cakes dan desserts yang menggunakan matcha powder, menurut Kevin, dapat dicampurkan langsung ke dalam bahan kering seperti tepung terigu (contohnya untuk membuat matcha crepes) atau dilarutkan dengan susu atau krim dingin terlebih dahulu (jika akan membuat matcha cream filling maupun matcha ice cream dan matcha gelato).

Namun karena matcha powder memiliki tekstur butiran yang agak kasar, maka sebaiknya adonan yang telah dicampur dengan  matcha powder tersebut disaring 2 kali untuk mendapatkan tekstur yang halus.

Ishida dan Matsukawa

Amausaan Uji Matcha juga menyajikan menu soft ice cream dan gelato. Pada menu Supreme Matcha dan Hokkaido Milk, soft ice cream-nya disajikan dengan ice cream cone. Ishida menjadi menu dengan Uji matcha soft ice cream yang disajikan di dalam mangkuk, dilengkapi dengan milk pudding, waffle cone smash, whipped cream, red beans, glutinous rice balls dan shelled brown sugar rice.

Uji matcha soft ice cream a la Amausaan Uji Matcha memiliki sensasi rasa matcha yang lebih ringan dengan paduan manis yang seimbang. Sentuhan rasa bittersweet yang lebih kuat dari penggunaan Uji matcha powder, justru terjejak pada menu gelato-nya. Salah satunya Matsukawa, yang disajikan dalam sebuah mangkuk dengan 2 scoop besar strong matcha gelato, glutinous rice balls, red bean balls dan raw matcha jelly.

“Selain menu cakes dan desserts, kami juga memiliki menu matcha drinks. Salah satunya Matcha Ice Cream Latte yang dibuat dari campuran Uji matcha powder dan fresh pure milk, disajikan dengan matcha soft ice cream,” Kevin mengakhiri penjelasannya.

Penulis : Dewi Sri Rahayu
Fotografer : Hendri Wijaya

Comments { 0 }

Home Made Bakery, Sajikan Aneka Roti Manis dengan Isian Khas Roti Indonesia

Desain Bakery yang Menarik dan Moderen

20 gerai sudah hadir di Jakarta hingga saat ini—menjadi bukti eksistensi Home Made Bakery yang sudah berdiri sejak 1993, dan semakin mengukuhkannya menjadi salah satu bakery ternama di Jakarta yang mampu bersaing didukung produk-produk unggulannya.

Continue Reading →

Comments { 0 }

Beatrice Quarters, Pilih Konsep Omotesando Style

Ragam Western food dengan sentuhan plating khas Japanese food merupakan makna yang terkandung dari konsep Omotesando style yang diusung oleh Beatrice Quarters.

Continue Reading →

Comments { 0 }