Provence Bakery, Authentic Japanese Bakery dari Kyoto

Provence Bakery adalah authentic Japanese Bakery yang berasal dari Kyoto dan telah hadir di 3 negara salah satunya adalah Indonesia. Saat ini, Provence Bakery telah menambah gerai kelimanya yang berada di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat. Untuk menjaga keautentikannya, Provence Bakery menyajikan roti-roti khas Jepang seperti Anpan, Curry Pan, Milk Pan, dan Egg Salad.

“Kami memiliki komitmen untuk menyediakan roti sehat dengan kualitas terbaik  menggunakan bahan baku pilihan.  Kami tidak menggunakan bahan kimia dan bahan pengawet di dalam adonan roti kami. Semua bahan yang kami gunakan adalah bahan-bahan baku dengan kualitas yang terbaik,” Imelda Manua, Chief Executive Officer PT Provence Indonesia, membuka percakapan.

The Provence Method

Dalam menjaga komitmen tersebut, Provence Bakery memilih tidak menggunakan bahan kimia. Bahkan Provence Bakery tidak menggunakan bread improver yang biasanya digunakan untuk mempermudah proses pembuatan roti. Sehingga Provence Bakery sangat memperhatikan pemilihan kualitas bahan baku dan cara pembuatan roti yang dipimpin oleh Japanese Master Baker yang telah memiliki pengalaman dalam bidang bakery selama lebih dari 40 tahun.

Japanese Master Baker menciptakan teknik pembuatan roti yang disebut dengan “The Provence Method”. “The Provence Method” adalah metode pembuatan roti yang memaksimalkan waktu fermentasi adonan sehingga adonan dapat berkembang dengan sempurna. Dengan adanya metode ini, bahan kimia seperti bread improver sudah tidak diperlukan lagi,” Imelda menjelaskan.

Variasi Loaf Bread

Pain de Mie

Salah satu roti yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah roti tawar atau bread loaf. Provence Bakery mempunyai 3 varian roti tawar, dari plain bread loaf yaitu Pain De Mie yang memiliki tekstur kenyal dan cocok untuk di-toast, Pullman Loaf yang memiliki tekstur lebih lembut dan beraroma susu, serta Wheat Bread atau roti gandum yang bertekstur lebih lembut dibandingkan jenis wheat bread lainnya.

Selain dari jenis roti plain loaf, Provence Bakery juga menyajikan 4 variasi rasa loaf lainnya. Ada Cheese Loaf dengan potongan keju di dalamnya. Lalu, Cranberry Loaf dan Flaxseed Loaf—pilihan loaf yang menggunakan bahan “healthy” seperti cranberry dan flaxseed, serta Choco Wassant Loaf.

Sesuai dengan namanya, Choco Wassant Loaf menggabungkan jenis wassant bread yaitu roti berlapis-lapis dan jenis loaf bread. Choco Wassant Loaf memiliki lapisan chocolate di dalamnya, rasanya pun tidak terlalu manis dan lembut. “Karena roti Provence Bakery tidak menggunakan bahan kimia seperti pengawet, roti kami hanya bertahan dalam waktu 2-3 hari di suhu ruangan,” Imelda menutup penjelasannya.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Hendri Wijaya