‘Tribute to IBU’:Persembahan Penghargaan Bagi Peran Kuat IBU Untuk Anak Sehat

Pada hari Kamis, 25 April 2019, masih dalam rangka merayakan Hari Kartini, persembahan sebuah ajang bertajuk ‘Tribute To Ibu’ digelar sebagai sebuah penghargaan memperingati peran kuat perempuan, sebagai seorang ibu bagi keluarganya. Terutama di sini adalah bagi para ibu dari anak-anak pejuang kanker dari keluarga prasejahtera.

Tribute Untuk Ibu: Kerjasama dari Hati

Gagasan ajang ini diawali dari pertemuan Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI) yang didirikan dan diketuai oleh Ibu Sallyana Sorongan bersama para Pengurus YKAI lain dengan desainer tekstil batik Ibu Josephine Komara atau yang lebih dikenal dengan Obin dan Plaza Indonesia. Perbincangan tentang situasi anak-anak Indonesia dengan kebutuhan khusus, dalam hal ini anak dengan kanker yang jumlahnya semakin meningkat, dan mereka dari keluarga prasejahtera, keterbatasan pengadaan obat serta kebutuhan perawatan selanjutnya.

Pembicaraan berkembang pada perencanaan untuk membantu mereka dengan mengetuk para dermawan melalui sebuah persembahan yang dikemas secara cantik. Atas uluran kasih Ibu Obin dengan BINhouse bergandengan dengan dukungan penuh keduanya yang membuahkan ajang yang kemudian diberi nama ‘Tribute To Ibu’.

‘Tribute To Ibu’ adalah sebuah charity event yang ditujukan untuk penggalangan dana bagi Yayasan Kanker Anak Indonesia untuk pengobatan dan perawatan anak-anak dengan kanker di Indonesia agar dapat mengembalikan senyum anak sehat Indonesia.

Rangkaian Acara ‘Tribute to Ibu’  

Acara ini diawali dengan penampilan rangkaian lagu untuk Ibu oleh paduan suara Cancer Kids Warrior – Anak-anak pejuang kanker didampingi oleh suara merdu dari lead singer Persahabatan 2019, Diah Ayu Lestari dan diiringi oleh Christiano Fira, seorang blind pianist muda yang dengan keterbatasan penglihatan turut mendukung adik-adik pejuang kanker.

Acara Persembahan Penghargaan untuk Ibu ini mendapat dukungan penuh sebagai sponsor dari Plaza Indonesia untuk venue dan F&B, fashion show production by BINhouse yang Menampilkan 32 Koleksi Karya Cita dan Busana BINhouse diperagakan oleh 16 Model Ternama dari JIM Models dan WYNN Models, juga didukung oleh Wanda House of Jewels, MyTv sebagai media partner serta Ultima II untuk Makeup, Qiqi Franki untuk hairdo, Panca Makmun dan Tara Makmun untuk koreografi, Putri Persahabatan 2019 Diah Ayu Lestari dan Christiano, blind Pianist.

Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI)

‘Kembalikan Senyum Anak Sehat Indonesia’ menjadi tagline Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI). “Tentunya kita semua ingin melihat senyum anak-anak sehat Indonesia dan setiap anak dengan kanker berhak memperoleh perawatan dan pengobatan yang layak,” Sallyana Sorongan mengatakan. “Itulah sebabnya YKAI giat melaksanakan berbagai kegiatan agar terus dapat membantu mereka dari keluarga prasejahtera yang membutuhkan uluran tangan bagi kesembuhan anaknya yang terlahir dengan kanker bawaan ini,” tambahnya menjelaskan.

Sejak tahun 2003, Sallyana Sorongan sudah menaruh perhatian akan masalah kesehatan dan pendidikan yang dialami anak-anak Indonesia dari keluarga prasejahtera. Ia lantas memulai suatu gerakan kepedulian dengan mengajak adik serta beberapa sahabat untuk turut menyumbang sebesar Rp50.000,- agar dapat dikumpulkan sehingga dapat membantu mereka.

Pada tahun 2010, akhirnya mendapatkan pengukuhan badan hukum sebagai Yayasan yang membantu anak-anak kanker dengan nama Yayasan Sentuhan Kasih Anak Kanker Indonesia yang pada tahun 2017 resmi berganti nama menjadi Yayasan Kanker Anak Indonesia atau YKAI.

YKAI Memiliki 2 Program Utama, yakni:

  1. Perawatan, Pengobatan, dan Dukungan bagi anak-anak dengan kanker sampai dengan masa observasi penyembuhan.
  2. Pengadaan Transportasi Antar/Jemput Cuma-Cuma bagi pasien pejuang kanker yang memerlukan – menjemput dari rumah atau rumah singgah untuk perawatan saat kemoterapi dan mengantar kembali setelah selesai perawatan. Di sini juga bekerja sama dengan lembaga atau individu lain yang memiliki visi misi yang sama saat memerlukan.

Menutup penjelasannya, Sallyana Sorongan sempat menjelaskan jika pada November 2017, YKAI mendapatkan kesempatan ber-anjangsana dengan Presiden Bapak Joko Widodo dan Ibu Iriana bersama Menteri Kesehatan di Istana Bogor, di mana Presiden sempat berbincang-bincang dengan anak-anak pejuang kanker memberikan semangat, juga kesempatan kepada Pengurus YKAI untuk menyampaikan kondisi saat ini serta kebutuhan mendesak maupun jangka panjang.