8 Besar Kandidat Choco Master 2019

Setelah kesukseskan perlombaan Choco Master 2017 pada 2 tahun lalu , tahun ini BARECA bersama dengan PT Gandum Mas Kencana (GMK), produsen cokelat Colatta, kembali mengadakan perlombaan Choco Master kedua. Perlombaan Choco Master 2019 bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas, kemampuan, dan membuka peluang bagi pegiat pastry. Sejak bulan November 2018 sampai Februari 2019, para dewan juri Choco Master 2019 telah memilih 16 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sambutan dari PT Gandum Mas Kencana oleh PJ Danang Wikandaru

Kunjungan Pabrik PT Gandum Mas Kencana

Sebelum perlombaan dimulai, peserta diajak  mengunjungi pabrik PT Gandum Mas Kencana untuk melihat proses pembuatan cokelat Colatta dan juga menjelaskan tentang perlombaanChoco Master 2019. Kegiatan diawali oleh sambutan dari P.J. Danang Wikandaru selaku General Manager Sales & Marketing PT GMK. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan dari PT Gandum Mas Kencana yaitu Sri Utami (Marketing Manager), Tia Hariani (Brand Manager B2B), Prasetyo A. Yudhistira (Group Brand Manager), dan beberapa staff lainnya.

Sambutan dari Ir Petrus Gandamana, Chief Editor BARECA Magazine sekaligus Ketua Penyelenggara Choco Master 2019

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan juga presentasi oleh Ir Petrus Gandamana (Chief Editor Bareca Magazine) mengenai penjelasan peraturan lomba, kriteria penilaian, dan juga sesi tanya jawab seputar perlombaan. Setelah makan siang, peserta diajak mengunjungi tempat pembuatan cokelat Colatta. Kegiatan tanggal 25 Maret 2019 tersebut ditutup dengan pemberian apron perlombaan sebagai tanda dimulainya lomba.

Seleksi 8 Besar Kandidat Choco Master 2019

Babak seleksi pertama, peserta diminta untuk membuat kreasi dari choux pastry yang dikombinasikan dengan filling buah-buahan dan chocolate decoration. Tiap peserta memiliki waktu 4 jam untuk membuat 10 potong choux pastry yang menarik. Peserta dinilai oleh 3 dewan juri, yaitu:

  • Petrus Gandamana (Ketua Pelaksana Choco Master 2019)
  • Chef Heru Laksana (Master pastry chef, Pemilik Maison Weiner, dan pendiri Indonesian Baking Academy)
  • Chef Riady Halim (Pemenang Choco Master 2017, pemilik dari Delicate Patisserie, dan Pastry Instructor and Consultant)

“Awal sebelum lomba rasanya menegangkan, lalu selama lomba ternyata cukup senang dan tidak semenegangkan saat awal. Disini saya mendapat pengalaman dan wawasan baru di dunia pastry.” ujar Nia Angelina, peserta dari Jambi, tentang perasannya mengikuti lomba.

Para peserta merasa bahwa perlombaan Choco Master 2019 adalah sebuah ajang untuk mengasah kemampuan, mendapat ilmu dan pengalaman, dan juga menambah jaringan relasi. Setelah mengikuti proses seleksi, peserta merasa lega dan berharap dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Menurut Chef Riady Halim, untuk pertandingan yang berskala internasional, para peserta harus dapat bersikap secara profesional dimana seluruh persiapan harus sempurna dan memberikan yang terbaik. Semua peserta dinilai sudah melakukan yang terbaik terlihat dari bagaimana cara pembuatan produk. Ajang ini cocok untuk mengasah kemampuan peserta; mereka dapat mengetahui kesalahan dan dapat memperbaikinya untuk membuat produk yang lebih baik.

Proses Penjurian Hasil Kreasi Kandidat Choco Master 2019

Daftar 8 Kandidat Semifinal Choco Master 2019

Berikut ini adalah nama 8 kandidat semifinal Choco Master 2019 (tanpa urutan tertentu) yang akan melanjutkan ke tahap semifinal; Gilang Ramadhan (Jakarta), Gina Salsabila Tazya (Bandung), Nono Maringan Butar Butar (Bali), Nunung Patimah (Batam), Rahma Nabila Ramkar (Sukabumi), Sugiarto (Jakarta), Tice Mega Rahayu (Bandung), Viona (Medan).

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella