Henshin, nikmati masakan Nikkei sambil melihat pemandangan Jakarta

Henshin berasal dari bahasa Jepang yaitu berubah. Restoran yang berada di lantai 67 sampai lantai 69 The Westin Jakarta ini memiliki konsep ruangan yang berbeda di setiap lantainya.

Interior dalam Henshin

Dilihat dari interior per lantainya, maka tamu yang masuk ke dalam restoran ini akan merasakan perubahan suasana. Henshin berada di gedung tertinggi di Indonesia, tidak heran banyak tamu yang datang ingin merasakan makan sambil melihat pemandangan kota Jakarta.

Masakan Nikkei

Sekitar tahun 1800, orang-orang Jepang pergi ke pergi ke Peru karena mereka berpikir ada tambang emas di negara tersebut. Dari sinilah masakan Nikkei diciptakan. Menurut Chef Hajime Kasuga, Head Chef Henshin di The Westin Jakarta, masakan Nikkei sendiri adalah gabungan antara masakan Peru dan Jepang. Chef Hajime Kasuga adalah satu-satunya chef Nikkei yang memperkenalkan konsep masakan Nikkei di Indonesia.

Di Peru, masakan Nikkei sendiri sudah menjadi trend dimana restoran Jepang di sana juga menyajikan paling tidak satu masakan Nikkei. Salah satu jenis menu masakan Nikkei yang terkenal adalah Acebichado Roll, sebuah sushi roll yang menggabungkan bumbu dasar tiger’s milk.

Acebichado Roll

Ceviche sendiri adalah masakan Peru yang terdiri dari daging ikan mentah yang dibumbui dengan jeruk lemon, jeruk limun, coriander, dan bumbu tambahan lain, lalu disajikan dengan saus tiger’s milk.

“Ketika saus ini dicampurkan dengan daging ikan mentah maka akan berubah menjadi putih bak susu dan karena rasa dari sausnya pedas dan asam maka orang yang telah mencoba akan ‘bereaksi seperti macan’,” Chef Hajime menuturkan.

Aplikasi Alpukat pada Masakan Nikkei

Menurut Peter-Paul Kleiss, Food & Beverage Manager Henshin, ada 11 macam menu menggunakan alpukat yang disajikan di Henshin. Peter menjelaskan bahwa salah satu program dari The Westin adalah mempromosikan pola hidup sehat kepada tamu-tamu dan salah satunya melalui makanan yang bernutrisi seperti alpukat. Menjadi bahan dalam masakan Nikkei, alpukat juga merupakan salah satu super food yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

King Crab Salad

Lalu ada King Crab Salad, yaitu salad kepiting Alaska dan alpukat yang disajikan dengan saus alpukat juga timun. Chef Hajime menciptakan menu ini karena ingin mengangkat rasa kepiting Alaska dengan menambahkan alpukat di dalamnya.

Bahan tersebut ada di salah satu menu best seller yaitu Acebichado Roll. Acebichado Roll terdiri dari sushi roll dengan tempura udang dan alpukat di dalamnya, topping potongan daging ikan tuna dan saus tiger’s milk yang dicampur krim. Rasa dari roll ini berbeda dengan sushi roll lainnya, campuran tiger’s milk dan krim memberikan sebuah “tendangan” di mulut.

Henshin juga menggunakan produk lokal, yaitu abalone dari Lombok untuk membuat menu Abalone Tiradito; abalone yang dimasak dengan kuah dashi dan disajikan dengan saus alpukat.

Bareca Sushi

Dalam kesempatan ini, Chef Hajime membuat masakan spesial untuk BARECA Magazine yaitu Bareca Sushi. Chef Hajime menjelaskan bahwa sushi ini dibuat dari sushi rice dengan topping daging kepiting dan mayonnaise dengan togarashi, lalu dibungkus dengan potongan alpukat dan ditaburi quinoa yang telah digoreng.

Bareca Sushi memang tidak disajikan di menu, tapi tamu dapat memesannya langsung kepada Chef Hajime. Khusus untuk pembaca BARECA Magazine, Chef Hajime pun dengan senang hati berbagi resep Bareca Sushi di edisi ini.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella