Anchor Chef Competition 2019

Pada tanggal 21 Febuari 2019 di Denpasar Bali, Anchor Food Professionals (AFP)—bisnis food service dari Fonterra Brands Indonesia, menggelar acara Anchor Chef Competition di Taman Bhagawan, Bali.

Para Pemenang Anchor Chef Competition

Anchor Chef Competition 2019 mengusung tema Indonesian Fusion dan diikuti oleh 38 peserta yang dibagi dalam dua kategori kompetisi yaitu Pastry Challenge yang diikuti 19 peserta dan Culinary Challenge yang diikuti oleh 19 peserta.

Para chef yang mengikuti kompetisi ini diharapkan dapat menciptakan sebuah hidangan kreatif dan inovatif yang bertemakan Indonesia dipadukan dengan produk olahan susu dari AFP.

Para Juri Anchor Chef Competition

Menurut Brian Juan, Marketing Manager dari PT Fonterra Brands Indonesia, Anchor Chef Competition ditujukan untuk mengembangkan kemampuan chef dan meningkatkan potensi kuliner Indonesia. Selain Bali menjadi satu destinasi pariwisata yang terkenal, AFP memilih Bali sebagai tempat penyelenggaraan kompetisi ini karena Bali memiliki potensi kuliner yang sangat menjanjikan dan memiliki ikatan chef yang kuat.

“Tantangan terbesar dari kompetisi ini adalah cara mengolah produk susu menjadi produk pastry. Umumnya untuk membuat produk pastry yang dibuat dari dairy product memerlukan udara yang cukup dingin. Dengan kondisi udara Bali yang panas walaupun sudah di dalam ruangan, para chef harus mampu mengolah produk susu tersebut. Di sinilah kreatifitas para chef diuji. Sejauh ini saya sangat terkesan dengan apa yang telah diperlihatkan oleh para peserta,” Chef Steven Ong, salah satu juri dari AFP Regional Chef untuk Pastry Challenge, menuturkan.

Penilaian kompetisi ini memiliki lima aspek yaitu Mise en Place, Correct Professional Preparation, Service, Presentation & Innovation, dan Taste. Selain Chef Steven Ong dan perwakilan chef dari AFP Regional, ada pula perwakilan dari Indonesian Chef Associationdan pakar kuliner Indonesia.

Pengumuman Pemenang

Acara penutupan berjalan dengan meriah, diawali dengan santap malam dan iringan lagu lalu disambut dengan kata pengantar dari para juri dan perwakilan dari Fonterra Brands Indonesia. Kemudian MC mengumumkan pemenangnya; pemenang Anchor Chef Competition 2019 yang terdiri dari juara 1, 2, dan 3 dari kategori Pastry Challenge dan Culinary Challenge, ditambahkan juga pemenang favorit berdasarkan jumlah likes dari Instagram.

Pemenang Culinary Challenge diraih oleh I Ketut Toni Ambara Putra dari Bvlgari Resort Bali dengan menu hidanganJimbaran Seafood Sensation dan Tortelini Ayam Rica-Rica. Pemenang pertama untuk Pastry Challenge adalah Stefen Gunawan dari Indigo Hotel Bali. Sementara untuk pemenang favorit diraih oleh I Wayan Putra Aditya dari Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa dalam kategori Culinary Challenge dan I Nyoman Bayu Jayandana dari Hyatt Regency Bali dalam kategori Pastry Challenge.

Penggunaan Rasa Khas Indonesia Termasuk Bali dalam Produk Pastry

BARECA Magazine sempat mewawancarai Stefen Gunawan, juara pertama dari Pastry Challenge. Stefen membuat kreasi bernama Velvet Dream yaitu chocolate cheesecake yang dipadukan dengan tape ketan hitam. Ia telah mempersiapkan dirinya selama kurang lebih sebulan dengan membuat konsep cake-nya lalu meminta opini dari teman-teman tim. Stefen sudah familiar tentunya dengan rasa lokal di Indonesia termasuk Bali karena rasa itulah yang sering digunakan di tempat ia bekerja, maka Stefen ingin mengangkat rasa tersebut pada kreasinya.

Velvet Dream

Keep achieving, terus menggali diri, mengasah kemampuan, dan bersemangat dalam dunia pastry. Saya akan terus berkarir di bidang pastry dan terus mengembangkan diri dan kemampuan saya,” Stefen menuturkan sekaligus mengakhiri wawancara dengan BARECA Magazine.

Penulis & Fotografer: Alvina Wikarna