t Lounge by Dilmah, Hadir dengan Konsep High-End Tea Boutique

Dilmah, sebagai sebuah tea specialty brand asal Sri Lanka, hadir dengan tea boutique berkonsep high-end bernama t Lounge by Dilmah. Bekerjasama dengan Huize van Wely di Pacific Place Jakarta, t Lounge by Dilmah membuka gerai satu-satunya di Indonesia sejak Juni 2015. Eliawati Erly bercerita kepada BARECA Magazine disela kesibukannya sebagai Vice President Director Dilmah Tea Indonesia.

“Dari total 100 lebih varian teh Dilmah di dunia, t Lounge di Jakarta memiliki sekitar 20 varian t series by Dilmah yang dapat menjadi opsi penikmat teh sepanjang hari. Varian t series menjadi ujung tombak t Lounge sebagai pionir kreasi tea gastronomy boutique di Indonesia,” Eliawati Erly membuka percakapan.

Gerai t Lounge by Dilmah menyediakan varian kategori Gourmet Leaf Tea, Designer Gourmet Tea, Very Special Rare Tea (VSRT), dan Extra Special Very Special Rare Tea (VSRT) yang dapat dipilih konsumen.

Edukasi mengenai persepsi masyarakat Indonesia mengenai teh dinilai Erly sangatlah penting. “Kita tidak mengenal mengapa teh harus mahal, orang pikir teh itu murah seperti teh instan dan sebagainya. Padahal sensasi minum teh berkualitas itu jelas berbeda. Menyajikan makanan dengan minuman teh harus mengetahui teh apa yang tepat sebagai pairing-nya. We educate to inspire!” Erly menegaskan.

Kreasi Tea Mocktail

Chai Papilion

Penikmat tea mocktail dan tea cocktail di t Lounge by Dilmah akan sangat dimanja dengan variasi teh yang tersedia dan keunikan kreasinya. Chai Papilion dan Chai Speculatte (brilliant breakfast mixed with ground speculaas spice, condensed milk, orange zest) yang disajikan hangat, serta Papilion Iced Tea dan Chamomile Spritzer (cold brew herbal infusion) merupakan signature tea mocktail yang sekaligus menjadi favorit.

Salah satu sajian tea mocktail unik dari t Lounge by Dilmah adalah The Bergamot Iced Tea. Menikmati ‘two tea in the same time’ merupakan keunikan dari sajian tea mocktail ini. Minuman ini diracik dari campuran Earl grey tea, lavender syrup, lemon, dan apple juice lalu kemudian dituangkan dry ice yang sebelumnya telah disiramkan jasmine green tea panas. Sensasi menghirup dan menikmati gabungan kedua jenis teh ini sangatlah menarik.

Tea Pairing

Erly menjelaskan bahwa pairing tea mocktail atau sajian teh harus berfungsi sebagai palette cleansing, agar kita siap untuk lanjut menikmati sajian makanan berikutnya. Tea mocktail dengan kandungan white tea yang soft, sangat cocok dengan hidangan ikan. Sedangkan untuk kategori strong food seperti ayam panggang, sate, rendang, cocok jika disandingkan dengan strong tea seperti black tea.

Ceylon Rose Iced Tea

Untuk dessert, contohnya cokelat yang di-pairing dengan teh hangat (tidak dingin/panas), dapat mem-boost flavor note bahkan after taste kandungan cokelat. Sebagai tambahan, tea mocktail juga sangat bisa untuk dijadikan sebagai minuman pendamping pada afternoon tea dan high tea.

Tea Cocktail

Untuk tea cocktail, t Lounge by Dilmah pun berinovasi dengan proses infuse spirit ke teh selama beberapa jam. Proses ini akan mengubah warna dan menghasilkan aroma ‘teh ber-vodka’.

Salah satu menu tea cocktail unik dan light, G & Tea, diracik dari campuran dry Gin, Sencha green tea, dan timun. “Kunci tea mocktail atau tea cocktail yang maksimal adalah bahan lain yang ada di dalam racikannya tidak boleh overpower dari rasa teh sendiri,” Demikian Erly menutup percakapan.

Penulis : Yohanes Christ

Fotografer : Kanno Sardella