Amausaan Uji Matcha, Gunakan Matcha Powder Kualitas Premium dari Jepang

Ingin mendirikan sebuah matcha based dessert shop, merupakan alasan dibukanya Amausaan Uji Matcha pada Oktober 2017. “Partner saya, yang juga pemilik Amausaan Uji Matcha, sudah sering berwisata kuliner ke beberapa negara dan sempat menyantap ragam matcha dessert di Jepang. Dari situlah, kami melihat adanya peluang untuk mendirikan Amausaan Uji Matcha,” Kevin, salah satu pemilik Amausaan Uji Matcha, membuka percakapan.

Gerai Amausaan Uji Matcha didesain dengan desain ruangan bergaya Jepang yang kental, dengan aksen dekorasi ruangan yang sebagian besar didatangkan langsung dari Jepang. Begitu juga dengan bahan baku utama matcha powder berkualitas premium, pun didatangkan langsung dari Uji, Kyoto, Jepang.

Inari Torii dan Matcha Gradient

Diakui Kevin, Inari Torii merupakan best-seller menu di Amausaan Uji Matcha. Inari Torii adalah matcha mille crepes cake berwarna hijau yang tersusun dari lembaran-lembaran tipis matcha crepes dengan matcha whipped cream filling,terbilang lembut saat disantap. Ayakan matcha powder di permukaan cake menjadi identitas cita rasa pembentuk pada Inari Torii.

Gradasi warna yang menarik, terlihat pada Matcha Gradient. “Kami ingin membuat sebuah cheesecake yang tidak hanya lezat disantap, tapi juga terlihat menarik, sehingga semakin mudah disukai konsumen dan pelanggan Amausaan Uji Matcha yang sebagian besar datang dari kisaran usia muda,” Kevin menuturkan.

Matcha Gradient memiliki elemen berupa base berwarna hitam yang dibuat dari homemade ‘oreo-like’ cookies dan unbaked cheesecake dalam 5 gradasi warna; dari putih, hijau muda, hingga hijau tua. Bagian cheesecake yang berwarna putih tentunya diolah tanpa campuran matcha powder.

4 gradasi warna hijau pada cheesecake-nya diolah dengan campuran Uji matcha powder; semakin tua warna hijaunya semakin pekat sensasi bitter dari matcha yang khas. Keseluruhan tampilan Matcha Gradient memberikan kontras warna yang menarik.

Ink Bamboo

Ink Bamboo yang merupakan bamboo charcoal cake roll, menjadi kreasi cake yang menampilkan paduan warna yang juga kontras, dari warna hitam pada bamboo charcoal cake, warna hijau muda pada matcha cream filling dan warna hijau pekat pada raw tea jelly. Ayakan Uji matcha powder di permukaan roll cake turut memberi kontras warna.

“Kami tidak menambahkan pewarna hitam pada Ink Bamboo. Warna hitam pada cake ini murni didapat dari penggunaan  bamboo charcoal powder dari Jepang, yang berlaku sebagai natural food colouring. Seperti juga Uji matcha powder yang membentuk warna hijau pada menu-menu di sini. Sedangkan untuk menu Sakura Series, kami menggunakan campuran sakura powder untuk mendapatkan warna pink-nya,” Kevin mengungkapkan

Dalam mengolah menu cakes dan desserts yang menggunakan matcha powder, menurut Kevin, dapat dicampurkan langsung ke dalam bahan kering seperti tepung terigu (contohnya untuk membuat matcha crepes) atau dilarutkan dengan susu atau krim dingin terlebih dahulu (jika akan membuat matcha cream filling maupun matcha ice cream dan matcha gelato).

Namun karena matcha powder memiliki tekstur butiran yang agak kasar, maka sebaiknya adonan yang telah dicampur dengan  matcha powder tersebut disaring 2 kali untuk mendapatkan tekstur yang halus.

Ishida dan Matsukawa

Amausaan Uji Matcha juga menyajikan menu soft ice cream dan gelato. Pada menu Supreme Matcha dan Hokkaido Milk, soft ice cream-nya disajikan dengan ice cream cone. Ishida menjadi menu dengan Uji matcha soft ice cream yang disajikan di dalam mangkuk, dilengkapi dengan milk pudding, waffle cone smash, whipped cream, red beans, glutinous rice balls dan shelled brown sugar rice.

Uji matcha soft ice cream a la Amausaan Uji Matcha memiliki sensasi rasa matcha yang lebih ringan dengan paduan manis yang seimbang. Sentuhan rasa bittersweet yang lebih kuat dari penggunaan Uji matcha powder, justru terjejak pada menu gelato-nya. Salah satunya Matsukawa, yang disajikan dalam sebuah mangkuk dengan 2 scoop besar strong matcha gelato, glutinous rice balls, red bean balls dan raw matcha jelly.

“Selain menu cakes dan desserts, kami juga memiliki menu matcha drinks. Salah satunya Matcha Ice Cream Latte yang dibuat dari campuran Uji matcha powder dan fresh pure milk, disajikan dengan matcha soft ice cream,” Kevin mengakhiri penjelasannya.

Penulis : Dewi Sri Rahayu
Fotografer : Hendri Wijaya