Perbandingan Kopi dan Cokelat untuk Mocha Drinks

Perbandingan kadar kopi dan cokelat untuk rasa mocha drinks yang maksimal di lidah para penggemarnya akan diterangkan secara langsung dari ahlinya. Klik untuk membaca lebih lanjut.

Asti Firtisyani (Head Waiter The Koffee)

Perbandingan bubuk cokelat dan kopi yang digunakan dalam chocolate coffee drinks adalah 1 berbanding 1. Hal ini untuk memberikan keseimbangan antara rasa kopi dan cokelat sehingga tidak ada yang terlalu mendominasi.

Menurut wanita yang akrab disapa Jolie ini, sebaiknya menggunakan kopi yang tidak memiliki body tebal saat dikombinasikan dengan cokelat bubuk. Hal yang sama juga berlaku dari penggunaan cokelat bubuk yang tidak terlalu memiliki karakter sama seperti dark chocolate.

Selain itu, sebelum dikombinasikan, sebaiknya kopi dan cokelat di-blend secara terpisah. Hal ini untuk menghindari minuman chocolate coffee terasa hambar.

 

 

Arief Said (Pendiri & Pemilik Gordi HQ)

Saat meracik minuman mocha, harus dapat mengedepankan keseimbangan dan konsistensi rasa. Dalam segelas minuman mocha, antara rasa kopi dan cokelatnya harus seimbang, tidak ada salah satu yang mendominasi. Untuk cita rasa yang maksimal, sebaiknya juga menggunakan bahan baku terbaik.

Racikan minuman mocha terdiri dari penggunaan cokelat bubuk, kopi, dan susu. Untuk komposisi membuat Hot Mocha, dapat menggunakan komposisi base 15 gr cokelat bubuk dan 1 espresso shot yang diaduk hingga rata dan cokelat bubuknya larut. Steamed milk kemudian di-pouring ke dalam gelas berisi campuran espresso & chocolate mix tersebut.

 

 

 

Vanda Puspa Lestari (Coffee Expert & Training Manager Caribou Coffee Indonesia)

Dalam meracik ragam coffee based drinks, termasuk varian mocha drinks, keseimbangan rasa adalah hal yang krusial. Mocha drinks memiliki elemen berupa susu, espresso, dan cokelat, baik dark chocolate, milk chocolate ataupun white chocolate. Ketiganya ini harus seimbang. Mocha drinks bisa saja diberi topping berupa whipped cream.

Di Caribou Coffee, untuk meracik Hot Mocha, di gelas berukuran 12oz, akan digunakan 2 oz cokelat, 3 oz espresso, dan sisanya adalah susu lalu ditambahkan whipped cream sebagai topping-nya. Saat meracik mocha drinks di Caribou Coffee, barista akan memastikan jika cokelat sudah larut sempurna, saat dilelehkan dengan susu, sebelum akhirnya dicampurkan dengan espresso.

Penulis: Dewi Sri Rahayu & Raka Pradipta

Foto : Dok. BARECA