Kompetisi Barista Terbaik akan Berlangsung di Hotelex Indonesia 2018

Salah satu kegiatan menarik yang akan berlangsung di penyelenggaraan perdana Hotelex Indonesia 2018 adalah berbagai kompetisi antar barista.

Guna memperkenalkan lebih detail mengenai kompetisi ini, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) bersama PT Pamerindo Indonesia selaku penyelenggara Hotelex Indonesia 2018, mengadakan press conference yang berlangsung di Anomali Coffee Menteng, Jakarta.

Syafrudin, Ketua dari AKSI menjelaskan bahwa kompetisi yang diberi nama Indonesia Coffee Event (ICE) ini diselenggarakan oleh Barista Guild Indonesia (BGI) dan menjadi acara tahunan yang sudah tujuh kali diselenggarakan.

Terdapat tiga kompetisi yang akan dipertandingkan dalam kegiatan ini yakni Indonesia Brewers Cup (IBRC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018 dan Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2018. Terdapat 24 peserta yang akan bersaing untuk menjadi pemenang pertama untuk mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia di Brasil pada November 2018.

IBRC diikuti brewers potensial yang akan mempresentasikan olahan single origin terbaik. Seni menuang latte dengan desain menarik akan menjadi fokus dari penilaian kegiatan ILAC 2018. Sementara kemampuan seorang barista dalam mengidentifikasi kopi dengan cepat menjadi keseruan yang hadir dalam ICTC 2018.

Di sela acara tersebut, Syafrudin  juga menjelaskan bahwa produksi kopi di Indonesia pada 2018 akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Menurutnya, perbaikan ini bisa dilihat dari sisi kualitas dan kuantitas.

Meningkatnya kualitas kopi dari sisi ini, akan turut mendongkrak harga kopi. Menurut Syafrudin, selain karena kualitas yang membaik, harga kopi akan turut meningkat lantaran semakin banyaknya permintaan pasar. Peningkatan produksi kopi ini juga disebabkan cuaca di tahun 2018 yang lebih baik.

Penulis: Raka Pradipta

Fotografer: Kanno Sardella