Uncle Mao’s, Modern Asian Restaurant yang Sajikan Fusion Chinese Cuisine

Uncle Mao’s merupakan sebuah modern Asian restaurant yang menyajikan fusion Chinese cuisine. Uncle Mao’s didirikan pada November 2015 oleh Ari Wibowo dan seorang rekannya, Kevin Kumalaputra.

Saat ini, Uncle Mao’s memiliki dua gerai; gerai pertama di Mayapada Tower 2, Jakarta, dan gerai lainnya di Food Avenue, Lotte Shopping Avenue, Jakarta. ‘Happy Tummy, Happy Mind’ menjadi slogan yang diusung oleh Uncle Mao’s.

“Bisnis kuliner ini berawal dari hobi makan dan memilih usaha di bidang kuliner karena melihat bahwa semua orang akan selalu perlu makan. Saya pribadi suka menyantap sajian kuliner Chinese. Uncle Mao’s turut mengadopsi konsep sajian fusion Chinese cuisine, yang memadukan antara kuliner Chinese dan dari negara-negara Asia, seperti Thailand, Indonesia, Singapura, dan Malaysia,” Ari menjelaskan saat ditemui di gerai Uncle Mao’s yang terletak di Mayapada Tower 2, di kawasan Sudirman, Jakarta.

Fried Chewy Noodle & Laksa Noodle

Fried Chewy Noodle merupakan signature menu di Uncle Mao’s sekaligus personal favorite dish dari Ari Wibowo. Terdapat dua pilihan dari Fried Chewy Noodle-nya, yaitu Chicken dan Seafood. “Karakter mie nya yang chewy menjadi keunikan tersendiri. Bagi yang suka pedas, bisa memilih Fried Chewy Noodle in Szechuan Style,” Aktor peraih Bintang Drama Televisi Pria Favorit Panasonic Award Tahun 1998 dan 2000 ini menjelaskan.

 

Chewy noodle-nya juga tersedia dalam versi dimasak dengan kuah, seperti salah satunya dalam menu Laksa Noodle. Chewy noodle rebus dalam kuah Laksa khas Singapura ini disajikan dengan potongan ayam, telur rebus, dan fishball serta disajikan menggunakan steamboat. Selain itu, Chewy noodle-nya juga tersedia dalam variasi pilihan Tom Yum Noodle dan Chewy Noodle with Black Pepper Hotplate.

 

Pineapple Fried Rice

Ari juga menunjuk Pineapple Fried Rice sebagai salah satu best-selling menu di Uncle Mao’s. Thai style fried rice yang dimasak dengan udang, sayuran, potongan nanas, dan kacang mede ini tampil atraktif dengan menggunakan setengah buah nanas sebagai wadahnya.

Cita rasa bumbu yang seimbang tampil dalam sajian yang menggugah selera ini. Dengan adanya potongan nanas dapat memberi karakter identitas yang lebih kuat dan permainan tekstur dari kacang mede menambah sensasi tersendiri. Sajian ini semakin menyenangkan untuk disantap dengan udang yang dimasak dengan tepat, tidak over-cooked sehingga teksturnya masih memberi sensasi firm sekaligus ‘renyah’ yang khas.

Ada banyak ragam menu lainnya, baik dari pilihan Noodles, Rice Menu, Vegetables & Tofu Menu, Seafood, Salted Egg Over Rice, Small Bites, Soup, Steamed Eggs, hingga Desserts dan tentunya beragam menu Beverages dan Assorted Milk Teas. Untuk harga, sebagaimana yang dilihat oleh BARECA Magazine, harga yang tertera di buku menu—di luar pajak pemerintah dan service charge, masih di bawah Rp.50.000 per porsi.

“Di Uncle Mao’s, kami memutuskan tidak menyajikan menu-menu dengan lard dan pork, sehingga dapat dinikmati lebih banyak kalangan. Dengan menyajikan a la carte menu yang dimasak langsung setelah ada pemesanan membuat kami lebih mudah memantau kesegaran setiap makanannya. Harga yang affordable tidak lantas membuat kami melupakan kualitas cita rasa dari menu yang kami tawarkan,” Ari pun menutup percakapan dengan tersenyum.

 

Penulis: Dewi Sri Rahayu

Fotografer: Hendri Wijaya