Mélati Bakehouse, Bakery dengan Desain Homey

Harina Bahar memulai bakery-nya yang ia beri nama Mélati Bakehouse, sejak September 2016, dengan mewujudkan inspirasinya tentang bakery di Inggris yang memiliki desain yang terkesan homey.

Interior ruangan yang klasik dan autentik di bakery yang berlokasi di Thamrin Executive Residence, Jakarta ini, sengaja didesain untuk memberi kesan yang nyaman dan akrab bagi para pengunjungnya.

“Mayoritas konsumen Mélati Bakehouse adalah ekspatriat. Saya memang ingin menghadirkan sebuah bakery yang nyaman dengan produk seperti roti yang saya buat sebaik mungkin, sehingga layak untuk setiap pelanggan Mélati Bakehouse,” Wanita yang akrab disapa Harina ini membuka percakapan.

Rustic Bread

Deli Rye Baguette

Deli Rye Baguette dari Mélati Bakehouse merupakan roti yang hanya mengandung 25% gluten karena menggunakan tepung rye sebagai bahan utamanya. Harina juga menggunakan biji flaxseed dalam baguette-nya sebagai tambahan Omega 6.

“Mengonsumsi roti sourdough tentunya lebih sehat dan dapat membantu mengontrol gula darah, seperti baguette ini yang cocok untuk orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi gluten, namun tetap bisa mendapatkan nutrisi lebih karena saya tambahkan flaxseed di dalamnya,” Harina menjelaskan.

Selain itu ada Rustic Bread yang merupakan white sourdough bread. Rustic Bread ini biasa digunakan Harina untuk membuat menu open sandwich di Mélati Bakehouse.

Teksturnya yang sangat renyah di luar dan chewy di dalam ini berpadu dengan cita rasa sour yang tidak terlalu kuat menjadikan varian ini banyak diminati oleh pelanggannya.

Chocolate Sourdough

Chocolate Sourdough

Mélati Bakehouse juga memiliki beberapa menu roti sourdough dengan cita rasa manis. Chocolate Sourdough merupakan roti sourdough yang diolah Harina dengan menambahkan campuran cokelat bubuk dan choco chip, serta menggunakan sedikit telur untuk mengikat rasa manis dalam roti tersebut.

Selain itu ada Pecan and Raisin Bread dengan penggunaan kismis yang memberikan cita rasa manis khas berpadu dengan tekstur renyah dari kacang pecan. “Pecan and Raisin Bread turut menjadi favorit karena tidak hanya enak dimakan secara langsung, namun juga cocok untuk dijadikan open sandwich,” Harina menuntaskan penjelasannya.

Penulis: Ajeng Ziana Walidah

Fotografer: Dwi Ratri Utomo