Levant Boulangerie et Pâtisserie, Hadirkan Roti Sourdough ala Eropa

Kecintaannya terhadap produk roti, khususnya European bread, menjadi alasan utama Chef Ramon Medina dan rekannya mendirikan Levant Boulangerie et Pâtisserie.

Pria yang juga bertanggungjawab sebagai baker & pastry chef di Levant Boulangerie et Pâtisserie ini mengungkapkan, saat ini Levant memiliki dua gerai. Untuk gerai Levant di Kemang, Jakarta Selatan, fokus menghadirkan aneka sajian roti dan pastry. Sedangkan pada gerai Levant di Cipete, Jakarta Selatan, menerapkan konsep bakery & cafe yang turut menghadirkan variasi menu-menu makan siang.

“Saat ini pelanggan kami lebih banyak berasal dari kalangan ekspatriat dan wisatawan asing. Namun secara perlahan, konsumen lokal kami di Jakarta pun terus bertambah dan mulai banyak dari mereka yang memilih aneka European bread yang kami tawarkan. Keunggulan ragam European bread Levant, selain kami produksi sendiri, juga diolah menggunakan sourdough,” Chef Ramon menjelaskan.

Rustique

Sejak berdiri pada akhir 2014 lalu, setiap roti di Levant diproduksi dengan menggunakan sourdough tanpa penggunaan instant yeast. Menurut Chef Ramon, sourdough merupakan ragi alami dengan kandungan bakteri lactobacilli yang baik untuk pencernaan. Selain itu, tekstur renyah dari kulit roti serta bagian dalam sourdough bread yang lembut dan kenyal menjadi salah satu alasan roti ini begitu digemari.

“Selain dikonsumsi langsung, sourdough bread juga kerap dinikmati para pelanggan dengan diolah menjadi sandwich ataupun bagian dari salad. Tak jarang ada juga yang meminta sourdough bread tersebut untuk dipanggang kembali bersama dengan keju,” Chef Ramon yang pernah berprofesi sebagai guru musik ini, menuturkan.

Salah satu produk sourdough bread unggulan dari Levant adalah Rustique. Aplikasi roti yang termasuk brown sourdough bread ini memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan sourdough bread lainnya.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan tepung rye yang lebih banyak, 50% dari jumlah total adonan, serta proses fermentasinya lebih lama. Warna putih pada bagian atas dari roti ini berasal dari tepung yang berfungsi untuk melapisi agar Rustique tidak mudah gosong saat dipanggang.

Varian sourdough bread lainnya yang juga menjadi unggulan dari Levant adalah Campagne, Multigraines, dan Levantin. Khusus Campagne dapat dikombinasikan dengan walnut, kismis ataupun buah kering lainnya.

Baguette Tradition & Croissants

Baguette Tradition merupakan varian baguette dari Levant yang banyak dipilih oleh pelanggannya. Di Levant, juga tersedia beragam croissant, seperti Chocolate Croissant dan Plain Croissant yang menjadi bagian dari produk best seller.

Seperti halnya gerai Levant di Cipete, gerai Levant di Kemang juga menghadirkan aneka minuman seperti tea drinks, fruit juice hingga varian menu seduhan kopi dengan espresso based seperti Cappuccino, Black Coffee, Americano hingga Latte.

 

Penulis: Raka Pradipta

Fotografer: Dwi Ratri Utomo