Up In Smoke, Sajikan Barbeque dengan Konsep Modern Platting

Chef Ubay, Executive Chef Up In Smoke saat memotong ribs

 

Wilayah Kuningan, Jakarta Selatan, dirasa tepat oleh Zachary Nice sebagai lokasi untuk memperkenalkan konsep Modern Artisan Barbeque dalam Up In Smoke. Restoran yang mengusung metode pemanggangan dan pengasapan daging secara tradisional khas Texas ini juga dipadukan dengan penyajian berkonsep modern platting yang memanjakan mata setiap pelanggan.

“Kami juga mengedepankan konsep open kitchen, dengan begitu pelanggan dapat melihat langsung proses pengolahan dari setiap hidangan baik grilled hingga smoked. Guna memberikan sajian yang segar setiap harinya, setiap olahan daging hingga bahan tambahan lain seperti saus, diproses langsung di dapur utama kami,Pria yang akrab disapa Zach ini menuturkan.

Grilled Bone Ribs Eye

Grilled Bone Rib Eye

Ditemui di hot kitchen, Corporate Executive Chef dari Up In Smoke, Chef Rapha, turut menunjukkan dua giant smoker kepada BARECA Magazine. Smoker ini didatangkan langsung dari Dallas, Texas, dengan keberadaan heater yang dapat menjaga suhu dari daging. Chef Rapha juga menuturkan bahwa setiap daging dari Up In Smoke berasal dari Amerika Serikat dan Australia.

“Proses pembakaran kami lakukan secara alami dengan menggunakan kayu dari pohon rambutan untuk mempertahankan protein dari daging agar tetap tender saat disajikan. Sementara untuk proses pengasapan untuk setiap daging, kami menggunakan metode low temperature dengan waktu yang cukup panjang, selama 4-6 jam,” Chef Rapha menjelaskan.

Salah satu grilled menu unggulan dari Up In Smoke adalah Grilled Bone Ribs Eye. Sajian ini merupakan 1,2kg USA Bone Rib Eyes dipanggang selama 30 menit dengan seasoning berupa sea salt, black pepper, mortared garlic, herb thyme dan parsley. Grilled Bone Ribs Eye juga dapat disajikan bersama Chimichurri sauce. Chef Rapha juga memberikan pilihan untuk jenis daging dalam grilled menu seperti Tomahawk dengan berat 2kg.

Smoked Wild Boar Sausage

Smoked Wild Boar Sausage

Pilihan smoked menu dari Up In Smoke cukup beragam seperti Smoked Wild Boar Sausage dan Smoked Chicken. Khusus Smoked Wild Boar Sausage, Chef Rapha memilih daging wild boar dari Papua sebagai bahan baku utama dalam membuat sosis. Setelah dipanggang, beberapa potong grilled sausage tersebut disajikan bersama kubis, selada air, dan pickled onions.

Smoked Chicken dikreasikan oleh Chef Rapha seperti halnya penyajian ala Texas. Salah satunya adalah penggunaan Alabama White Sauce yang dipadukan dengan beberapa herbs dan pickled onions. Smoked Chicken disajikan secara deconstructed bersama baby romaine lettuce.

“Sebelum menikmati langsung aneka sajian grilled dan smoked, setiap pelanggan juga dapat mencicipi beberapa menu pembuka salah satunya adalah Grilled Broccoli yang disajikan bersama spiced cashew dan romesco sauce. Sementara perpaduan honey marshmallow, honeycomb, chocolate sauce dengan vanilla ice cream sebagai topping dalam Up in Smoke S’more bisa menjadi pilihan sajian penutup yang tepat,” Chef Rapha menuntaskan penjelasannya.

Penulis: Raka Pradipta

Fotografer: Dwi Ratri Utomo