Kebunroti, Homemade Artisan Bread dengan Hasil Kebun Lokal

Homemade Artisan Bread dengan menggunakan bahan baku lokal terbaik dari hasil kebun adalah lini produk bakery yang diusung oleh Kebunroti. Gerai bakery yang berlokasi di Yogyakarta ini menawarkan alternatif kepada masyarakat dalam mengonsumsi aneka sajian sehat, salah satunya adalah sourdough bread.

“Selain produk roti, kami juga memiliki varian cake, cookies, minuman fermentasi alami, dan beberapa bahan baku seperti arang bambu aktif. Bentuk roti kami memang cenderung rustic dan sederhana bergaya roti homemade, namun kami ingin menampilkan suasana kelezatan hangat di dalam setiap roti tersebut,” Siane Caroline, pemilik Kebunroti memaparkan ragam produk di Kebunroti.

Sourdough Vegan Bread

Siane menuturkan kepada BARECA Magazine mengenai alasan memilih sourdough bread sebagai produk unggulan sekaligus menjadi identitas dari Kebunroti.

Salah satunya karena sourdough bread terbuat dari ragi alami yang kaya akan enzim yang baik untuk tubuh manusia dan dapat menambahkan aroma serta rasa ke dalam setiap produk roti.

“Bakteri baik sejenis bakteri asam laktat dalam ragi alami dapat mempertahankan roti dari kontaminasi dan serangan bakteri patogen sehingga daya tahan produk roti juga akan bertambah,” Siane menjelaskan.

Salah satu produk sourdough bread dari Kebunroti adalah Sourdough Vegan Bread. Dalam membuat roti ini, Siane menggunakan ragi alami yang difermentasi selama 5 sampai 7 jam. Siane juga menambahkan gula semut aren organik dan sedikit garam laut yang tidak direfinasi ke dalam adonan roti.

“Kami juga menghadirkan variasi dari sourdough bread seperti Galaxy Banana Bread. Selain sourdough, adonan dari roti ini terbuat dari kombinasi buah naga, beetroot, teh hijau, dan arang bambu aktif. Setelah roti dipanggang, kami menambahkan pisang raja, cokelat, dan keju mozarella sebagai topping,” Siane menuturkan.

Vegan Cheese Burger Pizza

 Penggunaan ragi alami juga diterapkan oleh Siane dalam sajian lain dari Kebunroti salah satunya adalah Vegan Cheese Burger Pizza. Sebagai topping dari pizza, Siane memadukan paprika segar, acar, buah nanas, jamur, dan taburan homemade vegan mozzarella cheese yang terbuat dari almond. Tak lupa, Siane juga menghadirkan saus tomat dari buah tomat segar sebagai teman dalam menikmati pizza dengan kulit tebal ini.

“Untuk memberikan variasi kepada pelanggan, kami juga memiliki beberapa produk dessert seperti Eggless Matcha Cheesecake dan Tiramisu Matcha yang memadukan fresh mascarpone dengan bubuk Kyoto Green Tea yang memiliki sedikit cita rasa rumput laut. Tak jarang pelanggan juga memilih Choco Almond Butter Cookies sebagai buah tangan,” Siane menutup pembicaraan.

 

Penulis: Raka Pradipta

Foto: Dokumentasi Kebunroti