3K Coffee, Jadikan Lokasi Sekaligus Tempat Edukasi

Berlokasi di daerah Kemang, Jakarta Selatan, 3K Coffee menjadi sebuah kedai kopi yang memiliki konsep café yang menarik. Café ini membagi ruangannya menjadi tiga bagian.

Lantai 1, terdapat area di mana para pengunjung dapat belajar meracik kopinya sendiri berikut mendapat edukasi dari 3K Coffee. Di lantai 2, areanya dapat digunakan untuk melakukan brainstorming, sedangkan di lantai 3 dapat berakustik ria.

“Dari setiap lantainya kami deskripsikan melalui gambar animasi yang ada di dinding,” Dwi Septiani, General Manager 3K Coffee, membuka percakapan sekaligus menjelaskan.

Kopi Yang Itu

Manual Brew

Untuk menjaga kualitas kopinya, 3K Coffee me-roasting sendiri biji kopinya dengan profil light to medium roasting. Tujuan profil roasting ini untuk mendapatkan cita rasa yang lebih fruity dan manis dengan body yang pas. Profil roasting tersebut tidak hanya digunakan pada biji kopi yang diracik dengan manual brew, namun juga untuk espresso base.

Dwi kembali menjelaskan bahwa untuk menjaga kualitas rasa racikan kopi di 3K Coffee, mereka tidak hanya me-roasting sendiri kopinya, namun juga membeli kebun kopi di Tana Toraja tempat menanam bahan baku kopinya. Hal tersebut dilakukan pemilik 3K Coffee untuk memudahkan dalam mengawasi serta menjaga biji kopi dari sejak ditanam hingga diseduh dan dinikmati pelanggan.

Salah satu minuman dengan espresso base yang menjadi favorit di 3K Coffee ialah Flat White yang menggunakan campuran 2/3 susu segar, namun tetap menonjolkan sisi nikmatnya minuman kopi dengan intensitas yang ringan.

3K Coffee juga memiliki menu Kopi Yang Itu, dimana komposisi kopi dan susu dibuat dengan perbandingan yang sama dan disajikan dingin dengan ice cube. Menu ini menjadi favorit, selain dari rasa juga karena penamaan yang dianggap unik.

Green Chili Chicken

Starter & Main Course

Sebagai pilihan camilannya, 3K Coffee menyediakan Mini Platter sebagai menu yang direkomendasikan. Di menu Mini Platter ada fried mash potato dan fried shiitake mushroom dilengkapi kentang goreng ber-topping saus bolognese yang dilapisi keju mozzarella.

Tidak hanya menyajikan camilan, 3K Coffee juga mempunyai beberapa menu makanan berat yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Spaghetti Bolognese Beef yang disajikan dengan mozzarella stick.

“Kami juga memadukan antara masakan western dengan masakan Indonesia. Ada Breaded Chicken Kway Teow dan salah satu best seller di sini adalah Green Chili Chicken yang disajikan dengan kulit dan kol goreng,” Dwi menjelaskan sekaligus menutup percakapan.

Penulis: Ajeng Ziana Walidah

Foto: Dwi Ratri Utomo & Dok. 3K Coffee