Filosofi Kopi, Sajikan Kopi dengan Kualitas Tinggi

Suasana Cozy dari Filosofi Kopi

Kedai yang sengaja dipersiapkan sebagai salah satu icon dan lokasi syuting film Filosofi Kopi ini, telah menjadi daya tarik bagi banyak pecinta kopi. Tidak hanya karena sejarahnya dalam film Filosofi Kopi, namun juga kualitas dari jenis-jenis kopi yang disajikan.

“Kami bangun suasana yang cozy di sini dan tanpa wifi agar para pengunjung benar-benar bisa menikmati waktu santainya di sini,” Indra, salah satu Barista di Filosofi Kopi, membuka percakapan.

Kopi Tiwus

Salah satu kopi yang menjadi iconic di Filosofi Kopi ialah kopi Tiwus. Biji kopi yang berasal dari Pangalengan, Jawa Barat, ini sangat cocok untuk pembuatan manual brew dan di-roasting hanya sampai medium roast.

Salah satu proses manual brewingnya ialah melalui proses V60. Melalui proses blooming dalam suhu air 90°Celsius ini, kopi Tiwus akan menghasilkan cita rasa yang seimbang antara acidity dan sweetness, dengan dark chocolate note sebagai after taste.

Capucinno Menggunakan Ben’s Perfecto

Ben’s Perfecto

Selain kopi Tiwus, Ben’s Perfecto merupakan salah satu roasting yang jadi favorit pelanggan. Berbeda dari Kopi Tiwus, kopi yang berasal dari Ijen, Jawa Timur ini, di-roasting dengan tingkat medium to dark, sehingga cocok dijadikan minuman espresso base.

“Ben’s Perfecto ini banyak kami gunakan untuk Long Black dan Cappuccino. Karakter rasa terbilang fruity dengan lemon sebagai after taste,” Indra kembali menjelaskan kepada BARECA Magazine.

 

 

Waffle with Vanilla Ice Cream

Tidak hanya menyajikan beragam kopi, Filosofi Kopi juga menyajikan beberapa dessert sebagai side dish saat minum kopi. Salah satu pilihannya ialah Waffle with Vanilla Ice Cream. Karena disajikan dalam bentuk yang cukup besar, waffle ini cocok dijadikan menu sharing saat minum kopi.

Meskipun Filosofi Kopi sendiri namanya telah dikenal melalui film, Filosofi Kopi berusaha untuk terus memperhatikan kualitas seduhan kopi yang disajikan. Selain menghadirkan pelayanan yang ramah, Filosofi Kopi juga membuat produk self drip yang dapat dinikmati pelanggannya kapanpun dan dimanapun.

Penulis: Ajeng Ziana Walidah

Fotografer: Dwi Ratri Utomo