Yoogane, Membawa Korean Wave Food Ke Indonesia

Galbi merupakan salah satu sajian tradisional khas Korea Selatan yang melumuri aneka daging (daging ayam dan sapi) dengan aneka bumbu dan saus seperti saus wijen yang dikombinasikan dengan sari buah pir.

Berdiri sejak 40 tahun lalu dan kini telah memiliki lebih dari 130 cabang yang tersebar di seluruh penjuru Korea Selatan, Yoogane hadir di Indonesia dengan model waralaba yang fokus menghadirkan olahan chicken galbi.

“Edukasi kepada masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi chicken galbitetap kami lakukan meski Yoogane sudah berdiri 5 tahun di Indonesia. Salah satu yang kami terapkan adalah penggunaan bahan baku dalam negeri untuk dicampur dalam bumbu khas Yoogane agar galbi memiliki rasa pedas serta aroma yang memang disukai masyarakat Indonesia,” Hannah Lee, Konsultan Yoogane cabang Bintaro menjelaskan saat membuka percakapan dengan BARECA Magazine.

Chicken Galbi with Cheese Fondue

Cheese Fondue Chicken Galbi

Hannah yang merupakan warga Korea Selatan menuturkan bahwa varian olahan keju sangat disukai oleh masyarakat negara asalnya tersebut. Kondisi tersebut tidak berbeda dengan saat ia datang dan menetap di Indonesia pada 10 tahun lalu. Hannah melihat bahwa masyarakat Indonesia cukup menikmati sajian dengan keju sebagai topping atau filling.

Hal ini pun membuat ia yakin bahwa setiap sajian Yoogane yang cukup banyak dipadukan bersama keju dapat menarik minat masyarakat. Salah satu sajian unggulan dari Yoogane yang coba ditampilkan berbeda adalah Cheese Fondue Chicken Galbi. Sajian ini menyertakan cheese fondue yang mengelilingi satu kuali cukup besar yang diisi dengan aneka sayuran dan juga potongan chicken galbi.

Daging ayam dalam sajian ini sebelumnya telah melalui proses marinasi, menggunakan bumbu galbi yang sudah disesuaikan dengan standar Yoogane. Selain keberadaan cheese fondue, Hannah juga memberikan dua pilihan topping dalam sajian ini yakni spicy fried rice atau ramen.

“Jenis keju yang kami gunakan dalam membuat fondue adalah mozzarella. Hal ini untuk mendapatkan lelehan keju saat melumuri chicken galbi ke dalam cheese fondue. Penyajian hidangan ini juga harus selalu panas, agar menjaga keju tidak menjadi keras,” Hannah menjelaskan.

Samyang Chicken Galbi dengan Lelehan Mozarella

Samyang Chicken Galbi

Penggunaan bumbu galbi juga digunakan dalam sejumlah sajian lainnya dari Yoogane seperti Samyang Chicken Galbi. Di sajian ini, bumbu galbi tak hanya melumuri setiap potongan daging ayam, namun juga aneka sayuran di dalamnya seperti kol. Lelehan keju mozzarella kian melengkapi sajian yang memiliki rasa cukup pedas tersebut.

Aneka sajian tradisional juga tetap dihadirkan Hannah seperti Samgetang (Korean Ginseng Chicken Soup) dan Tteokbokki. Khusus di Yoogane, tteokbokkidiproses hingga memiliki rasa yang cukup pedas dengan sedikit sentuhan rasa manis seperti dalam menu Spicy Dokboki. Sebagai pemanis, taburan biji wijen digunakan sebagai topping.

“Kami juga memiliki sharing menu seperti Seafood Pancake yang dikhususkan bagi pelanggan yang membawa rekan ataupun keluarga sehingga dapat dinikmati bersama. Daun bawang, bawang bombai, wortel serta aneka olahan laut seperti cumi dan udang menjadi topping dari pancake yang dibuat dengan tepung ottogi ini,” Hannah menuntaskan penjelasannya.

Penulis: Raka Pradipta

Fotografer: Dwi Ratri Utomo