PT. Kraft Foods Indonesia Mengedukasi Masyarakat akan Keju Berkualitas

Merek Kraft memang sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat. Sebagai perusahaan yang menjual produk bahan baku untuk bisnis HoReCa dan Bakery, Kraft senantiasa memperkenalkan produk-produknya kepada masyarakat, salah satu caranya dengan ikut serta dalam setiap pameran makanan dan minuman.

“Kraft berupaya untuk mendukung pertumbuhan industri bakery dan bisnis makanan lainnya dengan menyediakan bahan baku keju bermutu tinggi. Cara mensosialisasikannya adalah dengan aktif dalam pameran makanan dan minuman. Selain untuk perkenalan produk, kami pun berusaha untuk mengedukasi masyarakat akan keju yang berkualitas,” ujar Pingkan Fabryce, Assistant Brand Manager Cheese PT KRAFT Foods Indonesia saat ditemui di pameran Interfood lalu.

Melihat nama besar yang ada, Kraft tentu mempunyai suatu kekuatan di mata pelanggan. Selain dari produk-produknya yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen dan industri, Kraft juga sukses membangun citra yang mana dapat mendongkrak bisnis dari para konsumen. Saat ini Kraft memiliki program kemitraan (partnership) dengan konsumen, salah satunya adalah mem-branding usaha mereka untuk meningkatkan usaha konsumen.

“Sekarang ini Kraft sedang fokus membantu bisnis martabak dan Bakery dengan mem-branding usaha mereka agar pembeli percaya akan kualitas keju yang digunakan dimana hal ini tentu akan berpengaruh pada peningkatan omset penjualan,” jelas Pingkan.

Saat disinggung mengenai persaingan keju di tanah air, Pingkan menanggapi kompetisi tersebut wajar dan sangat positif. “Dengan banyaknya kompetitor berarti membuat pasar keju semakin besar. Pada akhirnya konsumen yang akan menentukan dan melihat tidak hanya sekedar faktor harga, tetapi semua aspek yang menguntungkan kedua belah pihak,” tutur Pingkan.

Produk Keju Unggulan Kraft
Sebagai perusahaan keju terkemuka di Indonesia, Kraft memiliki berbagai produk keju dengan keunggulannya masing-masing, di antaranya Kraft Cheddar, Kraft Bakery Cheese, dan varian terbarunya Kraft Filling Cheese. Untuk Kraft Cheddar memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang padat tetapi tidak mudah hancur. Selain itu, produk ini sering digunakan oleh penjual martabak & bakery-bakery yang mengutamakan rasa, kualitas, dan presentasi produk, karena KRAFT Cheddar memiliki segala keunggulan keju yang dibutuhkan pengusaha.

Jika para pengusaha mencari keju untuk aplikasi topping khususnya yang tidak dipanggang, Kraft memiliki Bakery Cheese dengan keunggulan rasa susu yang lezat & tidak mudah kering Bakery cheese cocok sekali untuk aplikasi ini. Baru-baru ini Kraft juga meluncurkan Kraft Filling Cheese yang dikhususkan untuk aplikasi isian dan dapat dengan mudah dicampur dengan bahan lain. Kraft Filling Cheese memiliki tekstur yang lembut sehingga dapat digunakan sebagai pengganti cream cheese.

Mengedukasi Pasar Lewat Baking Demo
Kraft tidak hanya menjual produk tetapi juga mempunyai loyalty program ke konsumen dengan memberikan edukasi ke pelanggan setia melalui baking demo. Seperti pada pameran Interfood lalu, Kraft menghadirkan empat Baking Instruktur yaitu Chef Sunaryo, Baking Instruktur dari BCC (Baking and Chef Center), Chef Airin, Chef Prima, dan Chef Shandy Dylant.

Keempat instruktur tersebut mendemokan resep-resep dengan aplikasi keju Kraft yang mana dapat memberikan ide terbaru untuk para pengunjung. “Berbeda dengan Interfood tahun lalu, kali ini Kraft mengadakan internal demo dimana kami memiliki panggung sendiri di booth Kraft. Setiap harinya, kami menampilkan instruktur-instruktur untuk membagikan resep dan inovasi terbaru dengan menggunakan keju Kraft,” tutur Pingkan.

Di hari pertama, baking demo dibuka dengan penampilan dari Chef Sunaryo yang membuat Brownies Puff Pastry yaitu paduan antara Brownies dan Puff pastry. Ia menggunakan Kraft Bakery Cheese untuk campuran adonan Brownies. “Kraft Bakery Cheese memiliki rasa yang lebih milky sehingga cocok dicampurkan ke berbagai adonan, termasuk adonan Brownies sekalipun,” tutur Chef Sunaryo.

Hanna, mahasiswi salah satu universitas negeri di Jakarta dari jurusan Tata Boga terlihat antusias melihat baking demo Chef Sunaryo. Menurut wanita yang mengaku setia menggunakan keju Kraft ini, Brownies Puff Pastry buatan Chef Sunaryo merupakan inovasi yang belum pernah ia temukan sebelumnya. “Brownies dan puff, rasanya resep ini bisa dijadikan inspirasi ke depan untuk menciptakan sebuah resep baru guna mengasah bakat saya,” ujarnya. Selain Brownies Puff Pastry, Chef Sunaryo juga membuat dua resep lain yaitu Choux (kue sus) dan Cheese Sweet Bread.

Di hari kedua baking demo dipandu oleh Chef Airin yang membuat tiga produk inovasi dengan keju Kraft, yaitu Pia Keju ala Kraft, Rissoles Cheese Mayonnaise, dan Poffertcheese. Menurut Chef Airin, rasa dari keju Kraft sudah dikenal oleh masyarakat sehingga tidak perlu penyesuaian lagi di lidah masyarakat Indonesia. “Itulah keuntungan olahan dengan menggunakan keju Kraft yang mana rasa tersebut sudah menjadi standar di lidah orang Indonesia,” ujar Chef Airin.

Hari ketiga baking demo menghadirkan Chef Prima yang membuat Taiwanese Kraft Sweet Bread, Double Baked Chiffon Keju Kraft, dan Martabak Manis Keju Kraft. Sedangkan di hari terakhir Kraft menghadirkan Chef Shandy Dylant yang membuat makanan yang mulai popular di Indonesia yaitu Cronut dan Panada Berlapis Crispy.

Pingkan berharap dengan aktif ikut serta dalam pameran maka keju Kraft bisa lebih dipercaya untuk menjadi mitra berbisnis para konsumen. “Karena kami tidak hanya sekedar menjual produk melainkan juga memberikan edukasi dan inovasi dengan program demo yang kami suguhkan untuk pelanggan setia keju Kraft,” tutup Pingkan.

Written by Marisa Aryani
Photo by Hendri Wijaya

  • Alief Welandy

    mohon informasinya jika ingin mengajukan kerjasama partnership dengan Kraft bagaimana caranya dan harus menghubngi siapa? mohon konfirmasinya. terima kasih banyak

  • Aliev Welandy Full

    mohon informasinya, bagaimana caranya mengajukan kerjasama partnership kepada Kraft dan harus menghubungi siapa ya? mohon informasinya, terima kasih banyak.

  • Dendy Ludiman Permadi

    kerjasama partnership nya harus dengan kraft ya pak. kan banyak yang mudah di hubungi, seperti chessy dan prochiz yang kantor nya mudah di hubungi

  • Aliev Welandy Full

    Iya Pak Dendi, kenapa saya mencari informasi kerjasama partnership kepada Kraft karena usaha saya yaitu memproduksi macaroni keju menggunakan bahan baku keju dari Kraft, sehingga kami tidak mungkin mengajukan kerjasama partnership selain kepada Kraft Pak. Apakah Pak Dendi mempunyai informasi yang saya butuhkan Pak? Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

  • Dendy Ludiman Permadi

    Maaf pak. Untuk posisi bpk sendiri dmn ya. Sy hny pny no tlp distributor yg d bdg
    Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

  • Aliev Welandy Full

    Posisi saya di Purbalingga dekat Purwokerto Jateng Pak, wah klo di Bdg terlalu jauh Pak.hehe…. Btw Pak Dendi pernah menjalin partnership dengan Kraft? Boleh share ke saya Pak pengalamannya?thx

  • Dendy Ludiman Permadi

    Hehehehe maksud saya. Bapak bisa menanyakan langsung ke distributor yg di bdg mengenai no tlp distributor yg di purwokerto atau no principal kraft nya langsung. Krn purwokerto dan bdg utk distributor nya itu msh 1 company. Yaitu PT. BSP. kebetulan dl sy pernah krj di PT.BSP nya dan pegang produk kraft 🙂 no tlp yg di bsg adalah 08122698234 atas nama bpk anwar haryono sbg kepala cabang bsp bandung
    Dikirim dari Yahoo Mail pada Android