Cake Decoration Materials

Bicara tentang cake decoration berarti tidak lepas dari ulasan bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat dekorasi cake. Selama ini, kita mengenal tiga bahan utama dalam mendekorasi kue, antara lain buttercream, fondant, dan royal icing yang mana masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri.

Pembahasan singkat dimulai dari buttercream yang merupakan dasar dari ilmu cake decorating. Buttercream terbuat dari butter atau margarin yang dicampurkan gula halus (icing sugar), dengan perbandingan 1:2 sehingga cenderung memiliki tekstur yang creamy. Kedua adalah fondant yang saat ini banyak dipilih oleh cake decorator dalam mendekorasi cake karena bahan ini dapat diolah menjadi bentuk dekorasi yang lebih fleksibel dan awet.

Kelebihannya, fondant atau yang juga dikenal dengan istilah plastic icing ini memiliki tekstur yang padat sehingga kemungkinan rusaknya lebih minim dan mampu membuat permukaan cake lebih mengkilap daripada bahan lainnya.

Bahan terakhir adalah royal icing yang terbuat dari putih telur, gula halus (icing sugar) dan jeruk lemon. Meskipun adonannya berbentuk cair, royal icing dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama dan biasanya royal icing sering digunakan sebagai lem untuk merekatkan dekorasi-dekorasi dengan fondant.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produsen atau distributor bahan penunjang cake decoration, berikut adalah informasi dari perusahaan-perusahaan tersebut di Indonesia.

1.PT. Smart Tbk
PT. Smart Tbk adalah perusahaan pangan yang memproduksi berbagai lemak nabati berbasis kelapa sawit, seperti minyak goreng, BOS, margarine, dan shortening. PT. Smart Tbk berkomitemen untuk memproduksi produk-produk yang terbuat dari 100% kelapa sawit dan minyak nabati terpilih sebagai upaya memberikan produk olahan minyak sawit terbaik. Beberapa brand seperti Filma, Palmvita, Goodfry, dan Delicio White sudah dikenal masyarakat luas sesuai dengan kegunaan dan keunggulannya masing-masing.

Produk shortening merek Delicio White Baker’s Fat merupakan produk berkualitas premium dari PT. Smart Tbk. Delicio White mempunyai plastisitas yang unggul karena terbuat dari lemak nabati segar yang telah dimurnikan sehingga tidak meninggalkan bau yang tidak sedap. Shortening ini mempunyai warna putih yang sangat cerah (snow white), bebas kelembaban, serta karakter creamnya yang bagus. Delicio White dinilai unggul dalam hal konsistensi dan plastisitas dengan rasa dan aromanya yang alami.

Delicio White dapat digunakan untuk aplikasi krim biskuit, lemak adonan, roti, permen, deep frying, serta cream untuk dekorasi kue. Delicio White tersedia dalam kemasan karton 15 kg. Selain itu PT. Smart Tbk juga mempunyai shortening unggulan lain seperti Palmvita Gold Creaming Fat yang merupakan filling-creaming fat yang dapat digunakan sebagai cream untuk dekorasi kue, dan Palmvita Baker’s Fat margarin serba guna.

2.Unilever Food Solutions
Beberapa merek favorit dari Unilever seperti Blue Band Master, Knorr, dan Frytol tersebar di 74 negara untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha bakery. Blue Band Master terkenal mempunyai aroma yang khas dan sudah akrab di lidah kebanyakan orang di Indonesia. Blue Band Master terdiri dari margarine dan shortening.

Untuk shortening, Blue Band Master mempunyai dua jenis kemasan, yaitu Blue Band Master Pastry Fat dan Blue Band White Cream Fat. Keduanya tersedia dalam kemasan karton 15 kg. Blue Band Master White Cream Fat memiliki daya tangkap udara yang tinggi sehingga dapat menghasilkan cream yang lebih lembut, warna yang lebih cerah setelah dikocok, serta tingkat kekendalan yang sangat minim.

Blue Band Master White Cream Fat cocok digunakan pada aplikasi cream untuk dekorasi kue. Karena mudah dan cepat bercampur dengan bahan lain seperti selai cokelat atau cokelat yang sudah dilumerkan, dengan Blue Band Master White Cream Fat maka pengusaha bakery maupun cake decorator dapat menghasilkan dekorasi kue yang menarik dan lezat.

3.PT. Salim Ivomas Pratama Tbk
PT. Salim Ivomas Pratama Tbk merupakan perusahaan agribisnis dengan produk-produk turunan kelapa sawit yang mendistribusikan brand-brand seperti Bimoli, Simas, Amanda, Malinda, dan Delima. Untuk brand Palmia, beberapa produk andalannya antara lain Palmia Margarin terbagi atas Palmia Super Cake Margarine yang biasa digunakan untuk pembuatan roti, cake, cookies, dan biskuit. Ada pula Palmia Margarine dengan titik leleh 36oC – 39oC yang mirip dengan rasa butter, serta Palmia Top White yaitu shortening yang cocok digunakan untuk cream decorating.

4.PT Sinar Meadow Internasional Indonesia
PT Sinar Meadow Internasional Indonesia (SMII) memproduksi produk berbasis fat seperti margarin, shortening dan frying fat dengan merek Gold Bullion, Mother’s Choice, Silver Bullion, Cita dan Maestro. Berbagai jenis margarin dan shortening dengan merek Gold Bullion, antara lain Grand Butter Blend, Merrywhip dan S’perior yang cocok untuk membuat cake decoration, Frymasta, dan BOS.

Produk unggulan dari SMII yaitu Gold Bullion Grand Butter Blend yang mana merupakan campuran margarin dengan butter oil sehingga menghasilkan margarin beraroma butter. Produk hasil olahan dengan Grand Butter Blend ini mempertahankan aroma butter dengan biaya produksi yang lebih efisien.

5.PT. Prambanan Kencana
Sebagai distributor bahan baku makanan dan minuman, PT. Prambanan Kencana juga memiliki produk fondant dengan brand Fondx. Produk ini cocok digunakan sebagai dekorasi kue ulang tahun, wedding cake, cupcake, dan dekorasi cake lainnya. Keunggulan dari produk ini yaitu warna putih (virgin white) yang cerah, beraroma vanilla, tekstur yang lembut, dan mempunyai rasa yang manis sehingga enak untuk dikonsumsi.

Fondx juga memiliki tekstur yang lentur sehingga mudah dibentuk dan tidak mudah retak. Saat ini Fondx menyediakan berbagai varian warna lain seperti ivory, hijau (green), merah (red), hitam (black), ungu (purple), cokelat (brown), dan biru (blue) untuk memudahkan konsumen dalam berkreasi.

Saat ini Prambanan Kencana bekerja sama dengan Caljava International untuk memproduksi Fondx di Indonesia (Fondx Virgin White Vanilla) yang bahan bakunya berasal dari Caljava Internasional di Amerika. Khusus untuk Fondx warna dan juga Fondx Elite Virgin white, Prambanan Kencana mendatangkan langsung dari Caljava Internasional di Amerika.

Saat ini untuk produk Fondx sudah terdistribusi di seluruh Indonesia. Prambanan Kencana memiliki 9 cabang di Indonesia yaitu di Jakarta (Pusat & Selatan), Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Makasar, dan Jogjakarta.

6.PT. Delisari Nusantara
Perusahaan yang berdiri pada tahun 1997 ini telah resmi menjadi distributor Satin Ice pada tahun 2012. Produk Satin Ice memiliki reputasi kuat di mata internasional ini memiliki dua rasa yaitu vanilla dan buttercream. Satin Ice biasa diaplikasikan untuk cupcakes, birthday cake, wedding cake, dan modern bakery. Produk Satin Ice tersedia dalam 16 warna dasar yang bisa dicampurkan lagi untuk menjadi warna baru, dan tersedia dalam pilihan kemasan mulai dari 2 lbs (0,9 kg), 2,5 kg, dan 10 kg.

7.PT. Trans Standard Internasional
PT. Trans Standard Internasional merupakan distributor bahan-bahan untuk industri bakery yang terletak di Sunter, Jakarta Utara. Salah satu produk yang didistribusikannya adalah fondant dengan merek Snow Ice yang merupakan produk asal Malaysia. Kelebihan Snow Ice adalah memiliki aroma vanilla dan sangat elastis. Selain itu, produk ini juga tidak cepat kering sehingga mudah diaplikasikan untuk dekorasi yang detail.

Snow Ice untuk decoration biasanya dipakai untuk membuat birthday cake, wedding cake maupun cake untuk konsumsi harian. Produk ini dapat diaplikasikan untuk cover cake, figure maupun dekorasi untuk hiasan bunga, daun, renda dan lainnya.

8.PD. Hero
PD. Hero adalah perusahaan supplier aneka bahan kue dan roti yang mendistribusikan produk-produk dengan merek Bakels. PD. Hero memiliki berbagai produk yang sudah dikenal di pasaran seperti Bakels Pettinice RTR Plastic Icing.

Sesuai dengan namanya Ready-to-Roll Icing, produk ini dapat langsung digunakan untuk melapisi kue ataupun membentuk aneka hiasan. Dengan warna putih cerah memudahkan penambahan warna sesuai dengan keinginan. Produk ini tidak mudah retak dan juga stabil sehingga sangat efisien dan tepat untuk melapisi kue ataupun membuat hiasan kue.

Bakels Pettinice RTR Plastic Icing tersedia dalam varian warna white, almond, black, blue, chocolate, green, ivory, orange, pink, purple, red, and yellow. Bakels Pettinice RTR Plastic Icing tersedia dalam kemasan 7 kg pail dan telah didistribusikan ke seluruh Indonesia adapun kemasan 750 gr dan 2,5 kg pail tersedia berdasarkan pesanan.

Written by Ahmad Fajar dan Marisa Aryani
Photo doc. BM