Ragi Khusus Frozen Dough dari Saf

Ragi Khusus Frozen Dough dari Saf

Ragi merupakan bahan utama yang sangat penting peranannya dalam pembuatan roti. Ragi yang baik dengan penanganan yang tepat tentunya dapat menghasilkan roti yang berkualitas baik pula. PT. Saf Indonusa sebagai subsidiary company dari Lesaffre Perancis yaitu sebuah perusahaan yang sudah 160 tahun berpengalaman dalam pembuatan ragi, tentu sadar betul akan pentingnya peranan ragi tersebut.

PT. Saf Indonusa mempunyai empat jenis produk ragi unggulan seperti instant dry yeast (ragi kering instant/ IDY) dengan merek Saf Instant Gold dan Saf Instat Red, fresh yeast (ragi basah/FY) dengan merek Five Star, ragi kering aktif (active dry yeast/ADY) dengan merek Saf Levure, serta yeast untuk frozen dough yaitu semi dry (SD) dengan merek Saf Semi Dry Gold dan Saf Semi Dry Red. Santoni, Baking Center Manager, PT. Saf Indonusa menjelaskan ke empat jenis ragi tersebut mempunyai fungsi dan karakteristik masing-masing.

“Instant yeast gold label cocok digunakan untuk resep roti dengan kadar gula di atas 8%, sedangkan red label cocok untuk roti dengan kadar gula di bawah 8%. Kalau fresh yeast cocok untuk semua produk bakery baik roti berkadar gula rendah atau tinggi. Begitu juga dengan active dry yeast merek Saf Levure, bedanya produk ini harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air hangat 35-38 °C sekitar 10-15 menit sebelum digunakan.

Produk ragi merek Saf Semi Dry baik gold maupun red label memang dikhususkan untuk frozen dough atau adonan beku sehingga adonan bisa bertahan sekitar enam bulan dalam keadaan frozen pada suhu -18 °C,” urai Santoni.

Menurut penjelasan Santoni, Saf Semi Dry Gold label dapat digunakan untuk pembuatan roti dengan menggunakan teknik frozen dough dengan kadar gula di atas 8%. Sedangkan untuk roti dengan kadar gula di bawah 8%, Saf Semi Dry Red label dapat dijadikan sebagai pilihan. “Saf Semi Dry tersedia dalam kemasan 400 g per pack dan 8 kg per carton (20×400 g) yang cocok untuk pengguna ragi dengan skala kecil maupun besar seperti bakery, hotel, restoran, maupun kafe,” jelas Santoni.

Ia menambahkan Saf Semi Dry yeast lebih efektif dan praktis karena tersedia dalam kemasan Tetra-rex® container kedap udara yang dapat ditutup rapat setelah digunakan sehingga kehigienisan ragi di dalamnya tetap terjaga. “Hal ini dapat mempertahankan kualitas ragi sehingga ragi tersebut dapat tahan selama dua tahun pada suhu -18 °C dengan kualitas fermentasi yang tetap stabil,” tutup Santoni.

Written by Ahmad Fajar , Photo doc. SAF

  • Dedi Sofyan

    Di mana bs beli saf semi dry gold?