PT. Prambanan Kencana, Margarin dan Ragi untuk Kebutuhan Frozen Dough

Selain dari segi teknik pengolahan, salah satu hal yang tak kalah pentingnya dalam pembuatan produk bakery dengan frozen dough adalah penggunaan bahan baku. Lazimnya, bahanbahan yang diaplikasikan harus tahan pada suhu dingin sekitar -30oC. PT. Prambanan Kencana, salah satu distributor bahan makanan terbesar di Indonesia, memiliki tiga jenis margarin yang bisa diaplikasikan untuk pembuatan frozen dough, antara lain:

Lactic Butter Margarin (LBR) Sheet adalah margarin campuran yang terbuat dari 30% butter yang berasal dari Eropa dan 70% margarin. Lactic Butter Margarin ini diproduksi oleh Adeka Singapore yang mana menggunakan teknologi asal Jepang. Dalam hal penyimpanan, sebaiknya produk ini harus disimpan di dalam chiller (15 x 1 kg/karton).

Olympia Sweet Milk adalah margarin lipat dengan rasa manis dan titik lumer yang rendah. Produk ini juga diproduksi oleh Adeka Singapura.

Gold Cup Croissant Sheet terbuat dari 100% margarin yang diproduksi oleh perusahaan terkemuka penghasil produk-produk berkualitas terbaik Vandemoortele di Belgia. Sama seperti LBR Sheet, produk ini juga harus disimpan di dalam chiller (6 x 2 kg/karton). Dalam pembuatan Frozen Dough baik itu Lactic Butter Margarine (LBR) atau Gold Cup Croissant Sheet dapat diaplikasikan untuk pembuatan puff pastry dan croissant. Pengaplikasiannya adalah dengan cara melaminasi (dimasukkan ke dalam adonan) kemudian dilipat single atau double tergantung dari aplikasi yang akan dibuat. Sebelum dilaminasi, adonan dan margarin sheet disimpan dalam freezer agar suhunya sama. Setelah dilipat adonan istirahatkan selama 30 menit untuk proses resting. Kelebihan margarin sheet adalah memiliki rasa butter yang kuat sehingga memberikan rasa yang lebih gurih dan aroma yang kuat. Selain itu, tekstur yang dihasilkan juga lebih halus dan tidak mudah pecah.

Selain margarin sheet, PT Prambanan Kencana juga memiliki produk ragi dengan merek Angel Yeast Brown, yang mana merupakan ragi berkualitas prima yang cocok diaplikasikan untuk pembuatan Frozen dough. Produk ini mengandung high sugar yeast tolerant yaitu di atas 3% sehingga baik untuk pengembangan frozen dough. Disarankan ragi ini disimpan di tempat yang kering dalam suhu ruangan, namun jika sudah terbuka maka ragi harus disimpan di dalam chiller. Aplikasinya sama seperti pembuatan adonan pada umumnya yaitu cukup mencampurkan ragi bersama dengan bahan lain seperti tepung terigu, telur, air, dan baking powder dengan kadar 1% – 2% per 1 kg adonan. Kemudian adonan harus disimpan di dalam freezer dengan suhu -20 °C agar adonan tidak berubah atau fermentasi. Dilihat dari segi pengolahan, Angel Yeast Brown mudah diaplikasikan dan pengembangannya stabil sehingga tidak diperlukan penanganan khusus untuk menggunakannya. Produk ini tersedia dalam kemasan 20 x 500
gram/karton.

Written by Marisa Aryani, Photo Doc. PT. Prambanan Kencana

  • rosi

    saya butuh palmia supercake,segera,bis hub siapa????

  • Dhany

    Saya Butuh korsvet yg gold cup, bisa hubungi siapa??