Alba Fattoria Membawa Aura Keceriaan Dengan Rainbow Pancake

Sebuah kata mampu menginspirasi setiap orang untuk mengembangkan usahanya. Seperti Alba Fattoria, kata yang diambil dari bahasa Italia ini menginspirasi berdirinya sebuah restoran, lengkap dengan pastry shop di bilangan Barito. Alba Fattoria bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti matahari yang terbit di ladang saat musim panen.

Makna tersebut dibawa oleh Alba Fattoria sebagai konsep utama restoran dan pastry shopnya. Rasa suka cita yang dirasakan petani saat panen sedang berlangsung, digambarkan dengan dekorasi warna-warni di lantai satu Alba Fattoria. Kemudian suasana ladang yang sedang panen digambarkan melalui dekorasi gandum yang berwarna emas di tiap sudut ruangan, seakan gandum tersebut bersinar terkena sinar matahari.

“Kami ingin membawa pengunjung seakan berada di ladang. Ketika petani menyambut panen pasti bersukacita, sama seperti di Alba Fattoria, pelanggan yang datang diharapkan merasakan suka cita dan keceriaan itu di Alba Fattoria,” ujar Bella Tumbelaka, Public Relations Alba Fattoria. Alba Fattoria memiliki 2 lantai, di mana tiap lantai memiliki konsep yang berbeda. Lantai 1 dikhususkan untuk pastry shop dengan dominasi warna terang sementara lantai 2, merupakan restoran yang didesain lebih casual, cocok untuk tamu yang mengutamakan suasana yang nyaman dan tenang.

Konsep Pastry Dengan Makna Mendalam
Di pastry shopnya, Alba Fattoria menyajikan aneka pastry mulai dari whole cake, slice cake ataupun mini cake.“Konsep kami lebih ke pastry di Prancis dan Italia,” ujar Bella. Beberapa produk pastry di Alba Fattoria pun memiliki makna yang mendalam didasarkan dari lingkungan sosial di masyarakat. Seperti saat mengeluarkan Seven Series Mount Blanc, tujuh mini cake tersebut terinspirasi dari prestasi pendaki gunung Indonesia yang berhasil menaklukan tujuh gunung tertinggi di dunia.

“Mount Blanc sendiri merupakan salah satu nama produk pastry di Eropa yang terinspirasi dari pengunungan Mount Blanc. Kami menghargai satu tahun keberhasilan Indonesia menduduki puncak di tujuh pegunungan tertinggi dan kami dedikasikan dengan membuat 7 gunung tertinggi yang pernah mereka duduki, dan bahan-bahannya pun menggunakan seperti bahan ubi atau pisang” ujar Bella.
Menurut Bella, hal itu perlu dilakukan oleh Alba Fattoria, karena dari hal tersebut membuat tamu yang datang diharapkan mengetahui prestasi yang pernah dilakukan warga Indonesia di luar negeri. “Keberhasilan mereka itu sudah lewat 1 tahun yang lalu tapi tidak ada yang ingat, karena itu kami berharap selain menghargai dan menghargai mereka, kami juga membuat sesuatu yang mengundang apresiasi dari tamu,” ujar Bella.

Rainbow Pancake Menjadi Favorit Tamu
Selain mengeluarkan pastry yang terinspirasi prestasi warga Indonesia di dunia, Alba Fattoria juga membuat inovasi dengan membuat Rainbow Pancake. Kali ini inspirasi Rainbow Pancake yang sederhana kerap dilupakan orang saat menamakan cake-nya dengan istilah “pelangi”. “Alba Fattoria ingin menghadirkan keceriaan tamu yang memakan Rainbow Pancake, dengan warna-warna yang indah ditambah Alba Fattoria ingin mengembalikan warna asli dari tujuh warna pelangi ke dalam Rainbow Cake dan Rainbow Pancake,” ujar Bella.
Pancake yang dibuat pun tidak memiliki banyak perbedaan dengan pancake lainnya. Hanya saja ditambahkan warna di tiap lapisannya dan diberikan potongan buah-buahan di dalamnya. Tiap lapisan memiliki potongan buah yang berbeda-beda. Di lapisanr oranye, berisi potongan jeruk lalu kuning yang berisi nanas, lapis biru dan hijau diisi dengan kiwi, untuk lapisan ungu diisi dengan anggur dan lapis nila berisi strawberry. “Jadi tiap lapisan tidak hanya terasa plain saja, tetapi ada rasa buah-buahannya juga,” ujar Bella.

Untuk paduannya, tamu yang datang pun diberi banyak pilihan sesuai dengan selera. “Kami menyediakan pilihan saus Maple Syrup dan Cream Cheese ataupun bisa juga memilih dipadukan dengan ice cream atau mix fruit,” ujar Bella. Dengan tampilan yang cantik dan ukuran pancake yang tidak terlalu besar, Rainbow Pancake mampu menarik minat tamu yang datang. Biasanya kalangan yang menikmati Rainbow Pancake di Alba Fattoria merupakan kalangan anak-anak hingga remaja. Mereka menjadikan Rainbow Pancake ini sebagai menu favorit ketika berada di Alba Fattoria.

Barito 2, No. 35 Jakarta

Written by Dody Wiraseto
Photo by Albertus Dendy Indra