Berbagai Jenis Mixer Sesuai Kebutuhan

Mixer merupakan salah satu peralatan utama dan penting untuk membuat roti. Tak hanya roti, mixer juga sering digunakan untuk mengaduk adonan cake, pastry, dan whipping cream. Sesuai dengan kegunaannya, mixer terbagi atas dua jenis, yaitu spiral dan planetary. Bowl pada mixer spiral tidak dapat dilepas, tetapi dapat berputar beriringan dengan hook. Biasanya mixer jenis ini digunakan untuk mengaduk adonan roti dalam skala besar dan stabil hasilnya. Sedangkan untuk jenis planetary, biasanya digunakan untuk membuat kue atau adonan yang agak lembut atau cair. Berikut adalah distributor mixer yang ada di Indonesia.

PT. Ometraco Arya Samantha
Distributor bakery equipment yang disegani ini selalu menghadirkan mesin-mesin penunjang bakery yang berkualitas, salah satunya adalah mixer. Ada dua brand mixer yang menjadi andalan Ometraco, yaitu Bear Varimixer dan Chuseng & Spar. Bear Varimixer berasal dari Denmark dengan bodynya yang kuat, handal dan berteknologi moderen. Produk ini mudah dibersihkan dan tampil dengan sistem pengangkatan bowl otomatis yang unik. Suara dari mesin terdengar sangat halus dan proses perpindahan kecepatan tidak melalui step-step namun seperti mobil otomatis, makanya disebut varimixer.

Adapun kategori mixer Bear meliputi Standard, Pizza dan Ergonomic. Untuk kategori Standard meliputi mixer Teddy 5 dengan kapasitas lima liter yang cocok untuk rumah tangga, bakery, maupun laboratorium, yang tersedia dalam empat warna. Juga ada tipe Bear RN10 VL-2 dan RN20 VL-2 yang diproduksi dengan stainless steel, masing-masing dengan kapasitas 10 liter dan 20 liter. Panel kendali elektonik Vari-Logic memberikan berbagai pilihan program yang banyak. Mixer ini tersedia dalam bentuk floor mixer, artinya dapat berdiri di lantai dan table mixer untuk diletakkan di meja. Ada pula mixer Standard untuk ukuran 30, 40, 60, 80, 100 dan 200 liter.

Untuk kategori mixer Pizza tersedia dalam ukuran 40 dan 60 liter dengan motor yang lebih bertenaga. Versi pizza juga hadir dengan penguncian bayonet ganda yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi. Untuk kategori Ergonomic hadir dengan nama Ergo Bear yang tidak memerlukan pengangkatan sama sekali, bowl bersama bahan-bahan adonan akan diputar langsung dalam mixer. Produk ini hadir dalam ukuran 60, 100 dan 140 liter.

Sedangkan untuk mixer Chuseng dan Spar yang juga didistribusikan Ometraco, adalah mixer unggulan buatan Taiwan yang banyak dipakai oleh pengusaha bakery. Mixer ini memiliki kualitas yang bagus dengan harga terjangkau.

Abdi Sarana Teknika
Abdi Sarana Teknika adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Sales & Marketing, Service, Maintenance serta Sparepart Bakery Machinery. Salah satu produk yang dijual adalah mixer dengan brand Astek. Untuk macam-macam mixer terbagi atas dua jenis yaitu planetary mixer dan spiral mixer.

Planetary mixer adalah mixer multi purpose yang terdiri atas tiga pengaduk yang dapat dilepas. Fungsi masing-masing pengaduk, seperti whipper digunakan untuk adonan cair seperti bolu, chiffon cake, brownies, banana cake, marble cake, butter cream dan sejenisnya. Dough hook digunakan untuk adonan keras seperti roti manis, roti tawar, pizza dan sejenisnya sementara Beater digunakan untuk mengaduk butter cream, cookies dan sejenisnya. Tersedia dalam beberapa ukuran, 10 liter, 20 liter, 40 liter, 50liter dan 60 liter.
Di sisi lain, spiral mixer dirancang khusus untuk adonan yang lebih padat seperti roti, pizza dan sejenisnya. Mixer jenis ini dilengkapi dengan spiral dan panci permanen yang dapat berputar serta pisau pemotong adonan. Hasil produk akan lebih sempurna dan adonan tidak cepat panas. Bagi yang fokus memproduksi roti sangat disarankan menggunakan mixer jenis ini, hanya saja mixer jenis ini tidak bisa disarankan untuk mengaduk cake dan sejenisnya. Tersedia dalam beberapa ukuran tepung, yaitu 5 kg, 8 kg, 12 kg, 15 kg, 25 kg, 50 kg, dan seterusnya.

Written by Marisa Aryani
Photo Doc. PT. Ometraco & PT. Abdi Sarana Teknika

x
Selamat Natal 2014 dan Tahun Baru 2014
Team Bakery Magazine Mengucapkan Selamat Hari Natal 2014 dan Tahun Baru 2014.