100 Tahun Sun Maid Pertahankan Eksistensi di Bisnis Ingredient Indonesia

Siapa yang tidak mengenal produk kismis bermerek Sun Maid. Dengan ciri khas kotak merah dengan gambar seorang wanita sedang memegang keranjang anggur ini, sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Sebagai produsen kismis yang saat ini sudah memiliki pasar melebihi US$ 5 juta ini, kiprahnya memang patut diacungi jempol. Kini memasuki ulang tahun yang ke-100, Sun Maid ingin terus mempertahankan eksitensinya sebagai pemimpin di bidang ingredient kismis dengan menginformasikan aneka kreasi inovasi kismis ke masyarakat.

“Kismis itu bisa dikreasikan untuk menjadi apettizer, main course ataupun dessert. Apabila punya kreatifitas , kismis Sun Maid ini tidak akan ada habisnya,” ujar Kafi Kurnia, Konsultan Pemasaran Sun Maid di Indonesia di acara ulang tahun ke 100 Sun Maid, di Energy Café, 23 Mei 2012. Dalam kesempatan itu, Kafi pun menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang luar biasa ditambah perkembangan bisnis food and beverage yang terus meningkat akan menimbulkan persaingan dalam hal inovasi.

Haryanto Makmoer, baker yang sering bekerja sama dengan Sun Maid dalam mengkreasikan Sun Maid di Bakery menjelaskan, selama ini orang tahunya kismis hanya untuk yang manis-manis saja. Padahal bila dipadukan dengan yang asin-asin pun bisa juga. “Bahkan untuk produk bakery, tidak perlu takut lagi untuk memadukan kismis dengan produk savoury,” ujar Haryanto.

Writen by Dody Wiraseto
Photo by Murenk