Toko Bahan Kue Berkat

Bagi warga Jakarta, Pasar Jatinegara sudah menjadi pasar dengan predikat “One Stop Shopping”. Pasar ini menyediakan berbagai barang kebutuhan, baik dari primer sampai sekunder, contohnya saja toko bahan kue. Pasar yang terletak di kawasan Timur Jakarta ini, memiliki deretan toko bahan kue yang menyediakan berbagai bahan maupun alat untuk membuat kue, yang salah satu diantaranya adalah Toko Berkat.

Toko Berkat pertama kali dibuka pada tahun 2001. “Bisnis ini berawal dari ide mertua saya yang mencetuskan membuka toko bahan kue di Pasar Jatinegara. Kebetulan saya memang suka dengan dunia kuliner dan menjalaninya sampai sekarang,” ujar Prisca Kristianti, owner dari Toko Berkat.

Saat ini, Toko Berkat sudah memiliki 2 toko yang terletak di Pasar Jatinegara. Satu toko untuk eceran dan satu lagi untuk pembeli yang ingin membeli secara grosiran. “Kalau eceran itu saya yang pegang, dimana biasanya pelanggan datang dari kalangan ibu rumah tangga. Sedangkan yang grosir dipegang oleh suami saya dan pembeli yang datang kebanyakan adalah pengusaha Bakery dan pedagang toko bahan kue lainnya.

Pembeli adalah Sahabat
Salah satu kelebihan dari Toko Bahan Kue Berkat adalah selalu menganggap pembeli adalah teman. “Karena saya menganggap mereka adalah teman sehingga saya selalu melayani mereka dengan hati,” tutur Prisca. Selain itu, Prisca selalu menjaga agar barang yang dijual selalu berkualitas baik sampai tangan pelanggan. “Penyimpanan di sini harus baik, sampai ke tangan pelanggan saya juga ajarkan cara penyimpanannya agar tidak ada keluhan, karena keluhan pelanggan akan merugikan saya dan pembeli juga akan kecewa,” ujarnya.

Baking Demo Merupakan Penunjang yang Baik
Setelah membuka Toko Bahan Kue, Prisca menginginkan suatu sarana untuk makin memperluas usahanya, yaitu dengan membuka baking demo. “Saya memang bukan orang boga, tapi karena saya suka kuliner dan mau untuk terus belajar. Dengan baking demo ini juga saya bisa bertemu dengan beberapa guru yang dapat bertukar pikiran mengenai pembuatan kue,” ujarnya.

Melalui baking demo ini, Prisca dapat dengan mudah menjelaskan kegunaan dari berbagai bahan kue yang dijualnya. “Saya dapat berbagi pengalaman di sini sekaligus membuktikan dengan praktek bukan hanya dari perkataan. Itu artinya, saya dapat menjual sesuatu yang bisa dibuktikan. Saya dapat menunjukkan kepada para pelanggan produk mana yang baik untuk digunakan sehingga mereka dapat memilih sendiri merek apa yang akan mereka pakai untuk membuat kue,” tutur Prisca.

Prisca mengaku baking demo sangat mempengaruhi penjualan di Toko Bahan Kuenya. “Dengan adanya baking demo, bisa membantu mempromosikan bahan yang dijualnya. Tetapi fokus utama saya tetap pada usaha toko bahan kue,” jelas Prisca.

Written by Marisa Aryani
Photo by Albertus Dendy Indra

  • LUTFI YUNIAR

    Salam kenal,saya sebagai penyedia grosiran dr cake case dari segala bentuk dan ukuran dengan harga bersaing dan kwalitas terbaik,hub saya di email “lutfi_yuniar@yahoo.com” di nomor 081284698818

x
Selamat Natal 2014 dan Tahun Baru 2014
Team Bakery Magazine Mengucapkan Selamat Hari Natal 2014 dan Tahun Baru 2014.