Puratos Taste Tomorrow Conference in Guangzhou (China) 23-25 May 2012 The Consumer Forecast and Innovation & Nutrition Summit Asia (INSA)

 

Saat press conference di acara Taste Tomorrow tanggal 25 Mei 2012 lalu, Peter Deriemaeker, Global Markets Director Puratos Group NV menegaskan, “We believe that people will attach more and more importance to the quality of their food in the future. Therefore we are committed to offering products that combine taste and nutritional value”. Itulah kredo yang menjadi visi Puratos dalam menumbuhkan penjualannya, yang tahun 2010 lalu menembus angka 1,1 miliar Euro. Untuk merealisasikan visi tersebut, maka pada tanggal 23 sampai 25 Mei 2012 lalu Puratos mengundang berbagai pelanggannya dari seluruh wilayah Asia Pasifik di Hotel Hilton Baiyun, Guangzhou, China.

Sekitar 300 pelanggan dan personel Puratos di seluruh Asia Pasifik, Australia, dan Eropa bahkan Amerika Serikat, berkumpul dalam satu hotel berbintang lima, berinteraksi satu sama lain dalam berbagai workshop edukatif yang diselingi dengan acara hiburan extravaganza, makan pagi, siang dan santap malam yang menautkan hati para pelanggan utama Puratos yang hadir dalam acara tersebut, semakin akrab dengan team Puratos, baik di tingkat manajemen menengah sampai puncak.

Berbagai booth yang merefleksikan rangkaian bidang keahlian Puratos dalam menjaga inovasi dan keunggulan produknya, seperti Café Chocolate, booth Snacking, booth Long Shelf Life dan booth Nutrition, merebut perhatian dan pemenuhan akan keingintahuan para pelanggan akan aplikasi akhir berbagai produk yang dihasilkan Puratos di seluruh dunia.
BAKERY MAGAZINE yang diundang ke acara ini, merasakan bahwa kegiatan ini jauh lebih meriah dan berkualitas meningkat dari sisi entertaining dan pengayaan materi yang disampaikan kepada para pelanggan yang menjadi tamu undangan dibandingkan dengan acara INSA 2009 lalu di The Royal Marina Plaza, Panyu, Guangzhou. Namun dari sisi engagement dalam kegiatan workshop, penulis merasakan bahwa acara tahun 2009 lalu terasa lebih kuat dan memberi pendalaman materi yang lebih maksimal akan unjuk kinerja berbagai produk Puratos.

Saat ditanya oleh BAKERY MAGAZINE mengenai strategi Puratos dalam berkomunikasi dengan pelanggannya melalui acara ini dibandingkan dengan melalui eksibisi international berskala besar, Peter Deriemaeker menjelaskan bahwa Puratos melihat acara semacam ini mampu memberi Puratos kesempatan berinteraksi lebih erat dengan para pelanggannya sehingga bisa memahami lebih baik apa yang menjadi kebutuhan pelanggan sekaligus pada saat yang bersamaan menjelaskan dengan detail berbagai produk dan layanan bahkan informasi survey pasar yang dimiliki Puratos, guna keperluan peningkatan bisnis pelanggan mereka. “Eksibisi masih tetap dilakukan di area-area dimana nama Puratos belum terlalu dikenal. Artinya lebih ke arah pendekatan lokal,” Peter menegaskan.

Global Consumer Insight Revealed at Taste Tomorrow
Acara Taste Tomorrow di Guangzhou menjadi penanda dimulainya (kick off) road show dan peluncuran online innovation platform. Dengan memiliki 3 kategori produk yaitu bakery, patiseri dan cokelat, acara Taste Tomorrow diharapkan bisa menyediakan berbagai informasi penting dan unik mengenai trend konsumen yang sedang berkembang pesat di industri bakery.

Hasil survey konsumen yang dilakukan Puratos, yang melibatkan 6.400 responden di 14 negara di 4 benua menampilkan kesimpulan bahwa konsumen di manapun di seluruh dunia semakin sensitif terhadap bagaimana makanan yang mereka konsumsi diproduksi. Maka, transparansi dan keotentikan berperan penting dalam penyediaan, pengembangan dan proses produksi produk makanan. Selain itu, kesadaran konsumen yang semakin tinggi seiring sejalan dengan sikap kritis mereka yang tergambarkan dalam perilaku konsumen yang paradoks (bertolak belakang) : misalnya konsumen menuntut makanannya semakin menyehatkan namun di sisi lain juga harus memanjakan lidah mereka!

Sikap konsumen akan menggiring bakery, patiseri dan toko cokelat di masa yang akan datang berbeda satu sama lain di berbagai belahan dunia. Konsumen di Barat di pasar yang sudah dewasa semakin skeptis tenatng makanan di masa depan sementara konsumen di Asia menyikapi dengan sikap yang positif dan optimis.

Inspiring Workshops
Secara umum workshop terbagi dua yaitu The Consumer Forecast yang dimulai tanggal 23 Mei 2012 dengan menampilkan Mr. Hakim Zemni tentang Bakery, Patisserie and Chocolate Barometer, dilanjutkan dengan berbagai pembicara dari Australia, Mr. Bernard Lahousse tentang konsep foodpairing, Mr. Darren Purchese tentang Patisserie for the future, Mr. Ben Roche tentang Innovative, Healthy and Sustainable desserts serta Ramon Perise dan Dani Lasa tentang Texture and multi sensory food experience.

Hari kedua, tanggal 24 Mei diisi dengan Workshop 1 yang diisi oleh Eric Kayser tentang Tradition as a basis of innovation, Workshop 2 diisi oleh Mr. Simplicio Umali tentang branding for total quality perception and price setting serta Workshop 3 tentang Future Consumer demand in terms of health and convenience yang dibawakan oleh Meshvara Kanjaya, Director dari Hypermart Indonesia, dan Miho Saito seorang Chocolatier kenamaan dari Jepang.

Written & Photo by Petrus Gandamana