PT. Eastern Pearl Flour Mills Selalu Konsisten Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Secara Spesifik

PT. Eastern Pearl Flour Mills Selalu Konsisten Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Secara Spesifik

Tersedianya keragaman produk terigu sebagai alternatif bernilai tinggi bagi para pelanggan merupakan salah satu keunggulan utama dari PT. Eastern Pearl Flour Mills (EPFM). Sebagaimana kita ketahui, pada masa lalu produk terigu yang tersedia di pasar hanya ada 3 macam produk yang dibagi berdasarkan kadar proteinnya.

Sekarang, produsen-produsen terigu seperti EPFM mulai memperkenalkan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang lebih spesifik. “Mengedukasi pasar merupakan salah satu tantangan dan kami menikmati proses itu. Yang paling penting adalah ketika pelanggan mengutarakan kebutuhannya, kami bisa menawarkan produk sesuai kebutuhan mereka secara spesifik,” kata Anton Wijono, PR Business Development dan A&P Manager.

Kehadiran EPFM di FHT 2012 merupakan salah satu jawaban perusahaan atas tantangan dalam mengedukasi pasar. Pada FHT 2012, EPFM mengadakan acara baking demo untuk menjelaskan hasil akhir dari berbagai aplikasi / penggunaan terigu dari masing-masing produknya. “Saat ini kami sedang membuat pukis menggunakan terigu protein sedang Kompas. Semua yang kami sampaikan di sini tentu saja tidak asal bicara, karena pengunjung bisa melihat sendiri serat dari pukis yang menggunakan Kompas dan merasakan sendiri aroma dan rasanya,” jelas Anton mantap.

Berbagai Keunggulan Pada Setiap Produk
Banyaknya pilihan produk EPFM dalam satu kategori yang sama tentu saja harus dibarengi dengan penjelasan agar pelanggan tidak kesulitan menentukan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebagai contoh, dalam kategori terigu protein tinggi, EPFM memiliki beberapa produk unggulan yang sudah diterima dengan baik oleh para pengguna seperti K2, Gerbang Mas, Gerbang, Gunung dan Pirana.

“Sebagai contoh, kami selalu menjelaskan perbedaan antara Gerbang Mas dan Gerbang. Konsumen tertentu membutuhkan Gerbang Mas karena mengharapkan yield yang sangat optimal. Sementara yang memilih terigu K2 sebagai top of the range produk kami karena mengharapkan tekstur roti yang lembut dan berwarna sangat cerah. Beberapa kelebihan lain dari K2 adalah mampu menyerap air lebih banyak, pengembangan lebih maksimal dan usia simpan roti menjadi lebih panjang,” ungkap Anton.

Terigu Gunung merupakan terigu yang mirip dengan Gerbang dengan sedikit perbedaan spesifikasi, dimana bedanya Gunung hanya tersedia di wilayah Indonesia bagian timur saja. “Kami sengaja tidak mengubah nama Gunung karena masyarakat Indonesia bagian timur sudah akrab dengan nama Gunung. Untuk Indonesia bagian barat, kami akan merekomendasikan Gerbang”. Dengan banyaknya pilihan semacam ini, pelanggan tinggal menentukan rasio yang seimbang antara harga dan kualitas terigu yang sesuai dengan bisnis mereka.

Memahami kecenderungan sebagian masyarakat Indonesia yang mulai beralih ke produk makanan yang sehat, EPFM juga menyediakan produk terigu Branstar. “Branstar adalah terigu khusus untuk healthy bread karena memiliki kandungan serat yang tinggi karena terbuat dari campuran kulit luar gandum (bran). Target market utama dari Branstar adalah kalangan hotel dan masyarakat yang sadar akan pola hidup sehat,” jelas Anton.

Terus Menambah Varian Produk
EPFM berkomitmen untuk terus berinovasi dan membuat lini produk baru yang semakin rapat. Oleh sebab itu, EPFM selalu mengeluarkan produk baru setiap tahun. Sebagai contoh, produk terakhir yang mereka luncurkan adalah Serdadu Biru, yaitu terigu khusus untuk membuat mie. “Kami selalu bertanya kepada pelanggan mengenai kebutuhan mereka, lalu kami memberikan rekomendasi. Jika portofolio produk kami hanya sedikit, tentu kami akan kesulitan dalam memberikan rekomendasi,” jelas Anton.

Untuk area Bali saat ini EPFM memang berfokus di pasar bakery, namun dalam waktu dekat mereka juga akan memasuki pasar umum melalui produk terigu dengan kemasan 1 kg sebagaimana yang telah mereka lakukan di area lain melalui Kompas kemasan 1 kg. “Kami selalu ingin menancapkan image bahwa kami adalah preferred business partner untuk bakery, namun secara perlahan kami juga akan melengkapi produk terigu kemasan 1 kg lainnya,” tutur Anton.

Khusus untuk wilayah Bali, terigu Gerbang menjadi favorit bagi bakery-bakery di Bali. “Saya melihat di Bali ada kecenderungan untuk lebih berani dalam mengutamakan kualitas. Meskipun tentu tidak semua bakery seperti itu, namun bakery yang mendominasi di sini adalah yang mengutamakan kualitas, tidak asal menggunakan yang murah saja”.

Banyaknya jumlah produk yang ditawarkan EPFM tentu saja merupakan keuntungan bagi para pelanggan karena mereka dapat menentukan produk yang mereka butuhkan secara lebih spesifik. Tentu saja, hal ini dibarengi dengan edukasi yang rajin dari team EPFM kepada pelanggannya tentang 5spesifikasi dan aplikasi dari masing-masing produk mereka. Tak heran EPFM terus meraih kepercayaan dari para pengguna terigu.

 

Written by Edwin Pangestu
Photo by Murenk & Edwin Pangestu