PD. Saudara Pengrajin Loyang Aluminium dari Tarikolot

Dalam membuat bentuk kue atau roti yang menarik, loyang mempunyai peran penting dalam membentuk adonan. Saat ini, di Indonesia terdapat banyak pabrik pembuat loyang serta cetakan dengan beragam bentuk, salah satunya adalah PD. Saudara yang berada di kawasan Tarikolot, Citeureup.

 

Kawasan Tarikolot memang dikenal sebagai daerah pembuat loyang serta beberapa peralatan pembuat roti dan kue yang dibutuhkan oleh pabrik atau pun industri rumahan. Hampir semua penduduk yang tinggal di sini menjadi pengrajin alat-alat yang dibutuhkan oleh toko roti. Ketatnya persaingan di daerah tersebut membuat masing-masing pengrajin berlomba-lomba membuat produk yang terbaik sehingga dapat memuaskan para pelanggan.

 

“Saya membuat loyang serta peralatan lainnya yang dibutuhkan untuk pembuatan roti dan kue dengan bahan kualitas terbaik. Saya mendatangkan bahan-bahan tersebut dari Medan yang memang terkenal mempunyai jenis aluminium terbaik,” ungkap Bayhaki, pemilik PD. Saudara. 

 

Berbagai Macam Ukuran dan Ketebalan Loyang

PD. Saudara juga memproduksi berbagai macam jenis loyang seperti, loyang untuk cake, roti tawar, roti manis, loyang untuk burger dan masih banyak lagi. PD. Saudara menawarkan berbagai pilihan ukuran loyang mulai dari 20X20 cm, 36X36 cm, 45X45 cm, 40X60 cm dan masih banyak lainnya.

 

“Semua bahan yang digunakan adalah aluminium, karena jika menggunakan bahan lain seperti kalvalum akan menimbulkan bau besi pada hasil produk yang dibuat. Selain itu bahan kalvalum tidak lolos uji kesehatan oleh Departemen kesehatan RI,” kata Bayhaki. Selanjutnya Bayhaki menambahkan, jika menggunakan loyang alumunium maka adonan akan lebih cepat matang karena sifat aluminium yang cepat menghantarkan panas.

 

Untuk ketebalan aluminium, Bayhaki menjelaskan bahwa di bengkelnya menerima pesanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen. Ukuran ketebalan loyang yang ada di pasaran adalah 0,8 – 0,9 mm, namun menurut Bayhaki, ketebalan loyang yang ideal adalah 1,2 mm. Semakin tebal maka loyang akan semakin awet. “Loyang milik PD. Saudara juga sudah didistribusikan ke seluruh Indonesia dan ke beberapa perusahaan roti seperti salah satu bakery Bogor yang sudah sejak lama menggunakan loyang serta peralatan lainnya dari PD.Saudara,” jelas Bayhaki.

 

Meskipun berada pada kawasan yang setiap warganya mempunyai profesi sama, namun pesanan peralatan pembuat roti dan kue dari berbagai pabrik ke PD. Saudara tidak pernah berhenti. Hal ini menandakan pertumbuhan usaha bakery sedang semakin berkembang di Indonesia.

 

Written by Devti Makmur Akbar, Photo by Murenk