Hazara Resto: Restoran India dengan Konsep Antik

Masakan India identik dengan penggunaan bermacam-macam bumbu. Keragaman rempah yang digunakan menciptakan cita rasa yang berbeda untuk setiap masakan India. Terus bertambahnya jumlah restoran yang menghadirkan masakan India di Jakarta merupakan salah satu bukti bahwa jenis masakan ini semakin bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Hazara yang terletak di jalan Kusuma Atmaja, Menteng adalah salah satu restoran India yang membawa nuansa dan keotentikan hidangan India ke Jakarta.

Hazara hadir di kawasan Menteng, Jakarta. Banyaknya hotel bintang 5 di kawasan ini juga berarti dekat dengan kalangan pebisnis dari mancanegara dan ekspatriat. Meskipun terletak di jantung kota Jakarta, Hazara tidak terlalu mencolok jika dilihat dari jalanan. Hal ini sengaja dilakukan Hazara untuk menjaga privacy dari para pelanggan yang mayortias berasal dari kalangan ekspatriat, eksekutif dan selebriti. Strategi ekspansi Hazara terbilang unik karena meskipun mereka baru memiliki satu gerai restoran di Indonesia, Hazara ternyata telah memiliki cabang lain di 4 kota mancanegara yaitu Bangkok, Shanghai, Beijing, dan Pudong.

Interior Bernuansa India Kuno
Hazara merupakan resto yang mengusung tema tradisional India. Pemilik Hazara adalah warga negara Indonesia yang sangat menyukai hal-hal yang berbau unik, antik dan klasik, salah satunya adalah seni tradisional dari India. Hazara sendiri berasal dari Bahasa India yang artinya seribu atau dapat diartikan juga very old, antique, one thousand years.

Untuk mendukung konsep sebagai restoran India yang mengusung tema antik, Hazara sengaja mengimpor furniture dan dekorasi yang diimpor langsung dari India. Untuk menambah kesan eksotis, Hazara menampilkan pencahayaan yang minim. “Para pengunjung menyukai suasana yang cozy dan gelap sehingga menciptakan suasana yang romantis. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Hazara adalah pada malam hari karena ada candle light yang membuat suasana menjadi lebih nyaman,” ujar Ramon Meijer, General Manager Hazara. 

Makanan Tradisional Khas India
Daging domba merupakan salah satu daging favorit masyarakat India. Hazara menyediakan berbagai menu domba dengan resep tradisional India, dimana 2 menu  yang menjadi favorit adalah Rogan Josh dan Raan E Hazara. Rogan Josh adalah potongan tender lamb yang disajikan dengan onion sauce. Di sisi lain, Raan E Hazara adalah kaki bayi domba yang direndam dengan kapulaga dan campuran rempah-rempah kemudian dimasak di dalam tandoor (oven silinder yang terbuat dari tanah liat). Hazara adalah satu-satunya restoran di Jakarta yang menyediakan Raan E Hazara.

Hazara menyediakan lebih dari 60 menu yang terdiri dari berbagai kategori yaitu dessert, vegetables, seafood, lamb, poultry, appetizers, soup, snack, dan beverage. “Kami memiliki beberapa buku menu dengan kategori yang berbeda-beda untuk memudahkan pelanggan menemukan menu yang mereka inginkan,” ujar Chef Thaman Budha, Executive Chef Hazara.

Untuk menu vegetables, yang menjadi andalan Hazara adalah Dhaal Hazara, yaitu creamy black lentils (sejenis kacang-kacangan) yang direbus selama 8 jam untuk menghasilkan rasa yang unik. Setelah itu, lentil dicampur bersama dengan bahan-bahan lain untuk kemudian dihidangkan. Seafood juga menjadi salah satu menu favorit pelanggan Hazara. Salah satu menu best seller seafood adalah Tawa Jheenga, yaitu udang yang dipadukan dengan jahe, bawang bombay, bawang putih, dan cabe.

“Resep Hazara menggunakan resep tradisional yang diciptakan sebelum India dan Pakistan berpisah pada tahun 1945,” ujar Chef Thaman. Warga negara Nepal yang sebelumnya pernah bekerja di Hazara Shanghai dan Hazara Bangkok sebelum akhirnya bekerja di Indonesia pada tahun 2008.

Dessert Khas India
Di samping masakan, ternyata India juga memiliki dessert khas seperti Kulfi, Kesari Kheer, dan Gulab Jamun. Kulfi adalah es krim tradisional dari India yang tidak mengandung banyak kalori dan cenderung menyehatkan karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti susu segar dan kacang-kacangan.

Tekstur Kulfi tidak sepadat es krim biasa karena tidak mengandung banyak lemak, akibatnya Kulfi lebih cepat meleleh. Hazara juga memiliki dessert unik bernama Kesari Kheer, rice pudding tradisional India dengan kismis dan topping kacang mede yang dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Dessert lain khas India adalah Gulab Jamun, caramelized milk dumpling yang disajikan dengan pistachio dan biji kapulaga.

Hazara juga menyediakan minuman khas India seperti Yoghurt dan Masala Tea. Yoghurt Hazara merupakan produk yang selalu dijamin kesegarannya karena dibuat sendiri oleh Chef Thaman setiap ada pesanan dari pelanggan. Homemade Yoghurt ini tersedia dengan beberapa jenis rasa buah, seperti mangga dan strawberry. Berbeda dengan teh kebanyakan, Masala Tea menggunakan berbagai macam bumbu. “Sewaktu kita minum teh ini akan menimbulkan rasa hangat dan nyaman,” ujar Chef Thaman. 

Selain Hazara, terdapat pula restoran yang berada dalam satu payung yaitu restoran Thailand bernama Lan Na Thai dan Face Bar. Hazara sengaja tidak melakukan promosi besar-besaran untuk menjaga privacy sekaligus menjaga agar Hazara tetap menjadi tempat yang eksklusif.

Kedekatan dengan para pelanggan juga merupakan salah satu kunci untuk menarik dan membina relasi dengan para pelanggan pengunjung. Menurut Ramon, promosi yang dilakukan Hazara lebih banyak mengandalkan word of mouth. “Pelanggan yang menyukai makanan dan suasana Hazara biasanya akan datang lagi dan membawa teman-temanya,” ujar Ramon.

Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 85, Menteng, Jakarta Pusat 10310

Written by Marisa Aryani, Photo by Edwin Pangestu