Elmer Baking Demo: Berbagi Inspirasi Kreasi Cokelat

Elmer menggelar baking demo bekerjasama dengan dengan LPK Ny. Liem, Bandung pada 21 Maret 2012 lalu. Peserta baking demo berasal dari beberapa kota seperti Medan, Jakarta, dan Bandung. Nama LPK Ny. Liem sendiri sudah tersohor sampai ke luar kota Bandung, terbukti dengan antusiasme para peserta yang berasal dari Medan dan Jakarta.

Chendawaty yang juga akrab disapa Achen, Instruktur Demo dari LPK Ny. Liem memberikan 10 resep mulai dari Phia Bread, Brownies Crispy, Macaron, Choco Marshmallow, Chocolate Oreo Cookies, Choco Cheese Cake, Flower Choco Bread, hingga Elmer Red Velvet. Umbu Andreas, selaku Technical Manager PT. Federal Food Internusa membuka acara dengan penjelasan mengenai cokelat Elmer sekaligus memperkenalkan produk terbaru yaitu Elmer Chocolate Rice, Elmer Chocolate Crispy Ball, dan Elmer Chocolate Sticks.

“Kami sengaja memilih bekerjasama dengan LPK Ny. Liem karena Ibu Achen terkenal memiliki kreasi produk yang unik. Beliau juga memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai Instruktur, tidak semua Chef mampu berkomunikasi dengan baik seperti Ibu Achen/Chendawaty,” kata Agus Sulianto, Commercial Director PT Federal Food Internusa. 

 

Phia Bread

Resep dasar pembuatan Phia Bread tak jauh berbeda dengan adonan roti, hanya saja diaplikasikan dalam bentuk Phia. Ia menambahkan trehalose sebagai tambahan dalam pembuatan Phia Bread ini. Setelah semua bahan dicampur, adonan kemudian disimpan selama ±20 menit di suhu ruang. “Semakin lama adonan disimpan, akan semakin empuk,” ujar Achen. Untuk filling, Achen menggunakan Elmer Chocolate Ghana Compound yang dicampur dengan margarin, butter, terigu protein rendah, gula, telur, dan cream. Elmer Chocolate Ghana Compound mempunyai rasa cokelat yang kuat dan mudah meleleh di mulut sehingga cocok digunakan sebagai filling.

 

Choco Marshmallow

Dalam pembuatan Choco Marshmallow ini, Achen menggunakan gelatin powder dengan bloom 250 agar adonan tidak lembek. Bloom adalah tingkat kepadatan gelatin, semakin tinggi nilainya maka gelatin akan semakin padat. Biasanya ukuran bloom ini mulai dari 125 hingga 250. “Gelatin sebaiknya jangan direndam dengan air es terlalu agar hasilnya maksimal, cukup 15 menit saja gelatin sudah dapat set,” jelas Achen. Pada saat memasak memasak gula pasir dan air, suhunya harus 120oC karena jika kurang adonan akan lembek sedangkan apabila lebih adonan akan pecah. Berbeda dengan pembuatan Phia Bread, Achen menggunakan Elmer Chocolate Ghana Compound sebagai siraman dari Choco Marshmallow.

Acara ini diharapkan dapat memberikan inspirasi mengenai berbagai aplikasi cokelat sekaligus memperkenalkan produk Elmer kepada para peserta. Ai Ai, salah seorang peserta yang datang jauh dari Medan mengaku tertarik mengikuti baking demo ini karena dalam berbisnis, terutama bakery, membutuhkan banyak inovasi guna mengembangkan usahanya.

 

Written by Marisa Aryani, Photo by Edwin Pangestu