Kem Chicks Menikmati Ragam Roti Eropa Sehat Favorit Ekspatriat

Kehadiran Kem Chicks, supermarket yang menyediakan pilihan beragam produk pangan impor di tengah masyarakat Jakarta, tentunya tidak lepas dari nama besar Bob Sadino sebagai founder dan owner. “Sejak tahun 1970, Kem Chicks sudah dikenal sebagai supermarket yang menyediakan beragam produk impor. Karena itu, pangsa pasar kami adalah para ekspatriat dan kalangan menengah ke atas,” ujar Arif Budiyono, Sales Manager Kem Chicks Kemang.

Didukung dengan tekad untuk terus menjaga kualitas produk dan pelayanan prima, tidak heran Kem Chicks sudah menjadi salah satu icon Kemang yang sukses. “Di samping menyediakan produk retail impor yang berkualitas, kami juga menyediakan produk home made bakery yang dibuat fresh setiap harinya,” jelas Arif. Menurut Arif, produk bakery yang ditawarkan oleh Kem Chicks sudah menjadi favorit banyak pelanggan yang menyukai berbagai macam jenis European bread.

Konsep Open Kitchen
Sebagai elemen yang sangat penting, bakery shop Kem Chicks hadir dengan konsep open kitchen yang menarik. Kebersihan dapur terbuka di area bakery, menjadi bukti keseriusan Kem Chicks dalam menjaga kualitas produk dan pelayanannya. Jejeran display beragam jenis roti Eropa diatur agar memudahkan para pelanggan dalam memilih roti favorit mulai dari Baguette, Kraftkorn, German Bread, dan beragam tipe roti multi grain. Pastry showcase pun terlihat menarik dengan banyaknya pilihan produk pastry yang beragam, seperti Carrot Cake, Red Velvet Cake, beragam jenis Flan dan produk pastry favorit lainnya.

Terena Petrich, warga negara Switzerland (Swiss) yang tinggal di area Kemang Raya, mengakui bahwa ia adalah customer setia Kem Chicks selama hampir 15 tahun menetap di Jakarta. Ia berkata bahwa ia belum menemukan roti Eropa selain di Kem Chicks Kemang, yang memiliki kualitas baik. Sebagai warga Swiss, roti memang menjadi menu utama yang sangat penting bagi Terena sehingga 3 kali dalam seminggu, ia pasti selalu kembali mengunjungi Kem Chicks untuk membeli roti Eropa favoritnya, seperti Kraftkorn, Rye Bread dan Sour Bread. Beragam varian roti Eropa yang ditawarkan Kem Chicks sesuai dengan selera Terena karena memiliki citarasa dan tekstur khas roti Eropa yang otentik.

Roti yang mengandung Multi Grain dan Kacang-Kacangan
Roti Eropa bertipe multigrain, hadir dengan beragam varian rasa di bakery shop Kem Chicks Kemang, seperti Sun Flower Bread yang terbuat dari campuran rye dan sun flower seeds. Produk ini hadir lebih istimewa dengan warna serat roti yang lebih gelap, tekstur agak lembut dan kulit roti yang crispy khas roti Eropa.

Varian roti lainnya, Multigrain Bread hadir dengan citarasa yang lebih istimewa. “Multigrain Bread dibuat dari campuran whole wheat, oatmeal, cereal, flax seed, white sesame dan sun flower seed. Cita rasa dan aroma rempah-rempah (spices), yang didapat dari penggunaan tepung multigrainnya membuat roti ini menjadi lebih istimewa,” jelas Chef Juhanda, Chef Baker Kem Chicks. Jika menyukai campuran biji-bijian yang lebih banyak, tersedia Nine Grain Bread yang terbuat dari 9 jenis biji-bijian dan kacang-kacangan seperti flax seed, poppy seed, sun flower seed, pumpkin seed, oatmeal, sesame seed, walnut, pecan dan pistachio.

Penggunaan kacang-kacangan pun tampak pada beberapa varian roti Kem Chicks. Salah satu varian roti favorit di sini adalah Pistachio Bread yang menggunakan campuran tepung pumpernickel (jenis gandum kasar), oatmeal, multi malt dan kacang pistachio memberi rasa dan aroma khas gandum yang lebih kuat. Selain dicampur ke dalam adonan roti, kacang pistachio juga digunakan sebagai taburan pada permukaan roti.

Roti lain yang menjadi favorit adalah Pecan Bread dan Raisin and Walnut Bread yang menggunakan campuran kacang-kacangan pada adonan rotinya. “Pecan Bread mengandung kadar grain lebih banyak, karena pemakaian tepung whole grain dan oatmeal. Campuran kacang pecan ini merata di dalam serat rotinya sedangkan Raisin and Walnut Bread menggunakan campuran multi malt, rye dan pumpernickel, sehingga memberi aroma dan rasa gandum yang lebih kuat dengan warna tekstur yang lebih gelap. Pemakaian raisins/kismis memberi sedikit rasa manis dan cincangan walnut yang merata di serat roti memberi rasa gurih pada roti,” jelas Chef Juhanda.

Pemakaian bahan multigrain pada roti seringkali menjadi kendala dan menyebabkan roti sulit untuk mengembang karena menghambat kerja gluten pada tepung terigu putih. Rupanya, komposisi resep yang seimbang menjadi kunci agar roti jenis ini tetap mampu mengembang dengan baik. “Penggunaan multigrain tidak boleh terlalu banyak. Jika komposisi resep tepat, maka roti tetap akan mengembang sempurna. Dan untuk jenis roti yang memakai kacang-kacangan, sebaiknya memasukkan kacang yang digunakan pada saat adonan roti hampir kalis, sekitar 80% setelah proses pengadukan. Jika dimasukkan saat awal, tekstur kacang akan menjadi lebih halus, sehingga tidak akan memberikan butiran-butiran kacang yang masih terlihat dan merata di serat roti,” jelas Chef Juhanda.

The Bittersweet Pecan Pie
Untuk produk pastry, Pastry Chef Siti Lulu mengkreasikan varian cake dan dessert yang mendapat sambutan baik dari para customernya. Pecan Pie yang bercitarasa manis-pahit karena pemakaian brown sugar, cokelat bubuk dan kopi pada filling pie nya, ternyata merupakan favorit banyak customer ekspatriat. Varian cake lainnya, yang menjadi favorit adalah Carrot Cake yang menggunakan kacang walnut sebanyak 30% pada resep, memberikan rasa gurih dan tekstur tambahan pada serat sponge carrot. Taburan kacang walnut juga memenuhi sisi cake, sehingga menambah tekstur crunchy ketika digigit. “Selain Pecan Pie dan Carrot Cake, Pastry Shop kami juga memiliki varian Flan seperti Pear Flan yang menggunakan kacang almond sebagai campuran filling flan,” ungkap Chef Siti Lulu. Terakhir, French Macaron yang juga menggunakan almond bubuk dalam resepnya, merupakan salah satu best seller produk pastry di Kem Chicks Kemang.

Meskipun jumlah bakery yang menyediakan roti-roti khas Eropa di Jakarta tidak terlalu banyak, namun ternyata pelanggan produk ini lebih setia. Dengan tingkat konsumsi yang rutin, terutama bagi para kaum ekspatriat, ditambah dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pola hidup sehat, tampaknya tren roti sehat ala Eropa ini akan terus berkembang di masa depan.

Jl. Kemang Raya 3-5
Jakarta Selatan

Written by Dewi Sri Rahayu
Photo by Albertus Dendy Indra