Berbagai Cokelat Untuk Bakery

Bagi seorang chocolatier, chef maupun bakery owner, pemilihan suatu produk cokelat merupakan suatu komitmen bisnis jangka panjang. Setidaknya ada 2 faktor utama yang menjadi pertimbangan utama untuk memilih suatu brand cokelat yaitu rasa dan penanganan. Apabila sebuah bakery memutuskan untuk mengganti brand cokelat, maka mereka harus mengubah lagi standard recipe untuk menyesuaikan rasa sekaligus bereksperimen mengenai penanganan cokelat baru tersebut. Untuk menghindari hal semacam ini, lebih baik konsumen mengenal terlebih dahulu beberapa brand cokelat yang tersedia di Indonesia beserta para distributornya.

PT FreyAbadi Indotama (TULIP)
TULIP The Embassy Of Chocolate merupakan salah satu merek cokelat lokal sekaligus pionir dalam hal chocolateering di Indonesia. “PT. FreyAbadi Indotama selaku produsen yang memproduksi varian cokelat TULIP memiliki visi dan misi untuk menjadi penghasil dan penyedia cokelat olahan no.1 bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di kawasan Asia Pasifik,” jelas Louis Tanuhadi, TULIP Chocolate Ambassador. Pada tahun 2011 Laboratorium Freyabadi mendapatkan Akreditasi dari Komite Nasional Indonesia AISO 17025, sebagai laboratorium pengujian kimia, fisika dan mikrobiologi.

Dengan hal ini segala produk yang dihasilkan oleh Freyabadi diakui keamanan dan kebersihannya secara resmi, sehingga aman untuk para konsumen. Keseriusan PT FreyAbadi di dalam berinovasi, yang membuat varian cokelat TULIP tetap dipercaya dari segi kualitas oleh banyak konsumennya baik di Indonesia maupun dunia.

TULIP Chocolate memiliki 4 varian utama yang diatur sesuai klasifikasinya yakni jenis Real Chocolate (Couverture) dan Chocolatier Compound. Produk Chocolatier Compound TULIP memiliki karakteristik yang hampir menyerupai couverture, dalam arti mudah lumer sehingga lebih nikmat dikonsumsi.

Beberapa Varian Cokelat dari TULIP The Embassy Of Chocolate

Chocolate Couverture :

Hestia, adalah produk cokelat jenis dark couverture dengan kandungan cocoa sebesar 56% yang diolah dari biji kakao pilihan dari perkebunan cokelat di Jawa dan Ghana.

Aura, adalah produk cokelat jenis dark couverture dengan kandungan cocoa sebesar 65% yang diolah dari biji kakao pilihan dari perkebunan cokelat di Jawa, Ivory Coast (Pantai Gading) dan Papua.

Lactea, adalah produk cokelat jenis milk couverture dengan kandungan cocoa sebesar 34%, yang diolah dari biji kakao pilihan dari perkebunan cokelat Jawa dan Ghana dengan kandungan susu yang tinggi.

Hestia, Aura dan Lactea cocok diaplikasikan ke dalam produk pastry dan dessert seperti chocolate mousse dan entremets yang bercita rasa tinggi dan khas dengan aroma cokelat yang kuat. Ataupun sebagai ingredient chocolate soufflé, chocolate cremeux, flourless chocolate cake dan produk lainnya termasuk dalam pembuatan truffles dan filling praline yang memerlukan cita rasa cokelat yang kaya.

Bromo, adalah produk cokelat chips couverture. “Satu-satunya produk cokelat chips di Indonesia yang menggunakan lemak kakao asli (cocoa butter), sehingga menghasilkan rasa cokelat yang begitu kental dan murni,” jelas Louis Tanuhadi. Cocok diaplikasikan untuk produk bread dan pastry premium, maupun dessert yang mengutamakan kualitas cita rasa yang tinggi.

Chocolate Stick, adalah produk chocolate stick couverture, murni terbuat dari lemak dan sari kakao yang cukup tinggi yakni 52%. Cocok di aplikasikan untuk isian/filling produk Venoiserrie Pastry seperti Croissant dan Danish. Hadir dengan dengan kemasan 1,1 kg.

TULIP Compound (Dark, Milk, White)
Memiliki citarasa yang tetap enak dan mudah lumer. Cocok diaplikasikan ke dalam produk pastry dan breads serta dessert, seperti chocolate mousse, chocolate soufflé, ganache, coating dan decoration maupun dalam pembuatan praline,truffles dan sauces

PT Gandum Mas Kencana (Colatta)
Merupakan salah satu produsen cokelat terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1985. Dengan misi “To Delight People”, PT Gandum Mas Kencana selaku produsen cokelat Colatta populer dengan lini produk cokelat compound andalannya. Cokelat compound memiliki karakter yg lebih tahan panas sehingga cocok dengan temperatur di negara tropis, seperti Indonesia. “Tentunya cokelat ini di dalam aplikasinya bisa juga dikombinasikan dengan cokelat jenis couverture. Rasa cokelat dari Colatta yang nikmat dan khas membuat banyak pelanggan tidak bisa beralih,” tegas Iman Setia Nugraha, Marketing Communications Manager PT Gandum Mas Kencana.

Berbagai Varian dari Colatta Chocolate

Colatta Compound (Dark, Milk, White)
Dibuat dengan lemak nabati dan formula khusus yang menghasilkan rasa yang tetap enak tanpa harus melewati proses tempering dalam persiapannya. Dapat diaplikasikan untuk pembuatan kulit luar pralines, lollipop dan truffles, sauces dan ganache. Juga dapat digunakan sebagai pelapis luar beragam petit four maupun fillingnya.

Colatta Couverture (Dark, Milk, White)
Penggunaan cocoa butter dan cocoa mass menjadikan Colatta Couveture sebagai salah satu couverture chocolate yang memiliki rasa yang lembut dengan tingkat konsistensi cokelat yang sangat baik. Sangat cocok diaplikasikan ke dalam pembuatan filling pralines dan truffle, campuran filling beragam produk pastry seperti éclair dan gateaux yang menginginkan cita rasa khas cokelat couverture. Juga sangat tepat sebagai salah satu ingredients chocolate mousse dan entremets yang bercita rasa tinggi.

Colatta Chips (Compound Regular, Compound Mini, Couverture Regular, Couverture Mini)
Sangat cocok diaplikasikan sebagai tambahan ingredients di dalam pembuatan muffin, cupcakes, cookies dan ice cream ataupun sebagai campuran filling. Colatta Chips memiliki rasa cokelat yang lebih pekat sehingga dapat menambah cita rasa cokelat pada semua produk bakery dan pastry.

  • Osrinita

    Bisa minta no telp chocolate collata, utk beli white chocolate chips nya
    Trm kasih