Berbagai Cokelat Luar Negeri di Indonesia

PT Puratos Indonesia Penyalur Belcolade, The Real Belgian Chocolate
Industri F&B service, supermarket (retail) dan para professional di bidang bakery merupakan target market dari Puratos. Inovasi pun menjadi hal yang sangat diperhatikan demi mempertahankan customer satisfaction. Belcolade adalah produk cokelat penting bagi para professional yang mencari cita rasa Belgian Chocolate Couverture. Semua produk Belcolade hanya diproduksi di Ermbodegen, dekat Brusel, pabrik cokelat milik Puratos N.V di Belgia

Dalam peraturan Uni Eropa, cokelat jenis couverture maksimal hanya boleh mengandung minyak nabati 5% dan sisanya adalah Cocoa Butter. Namun Belcolade memakai 100% Cocoa Butter agar mencapai kesempurnaan produk akhir dan cita rasa kelas atas.

Belcolade Chocolate hadir di Indonesia didistribusikan oleh PT. Puratos Indonesia. Di Indonesia, hadirnya Belcolade memudahkan para pelaku bisnis bakery dalam mendapatkan cokelat berkelas internasional sebagai bahan baku. “Kami menawarkan varian cokelat lezat dan lengkap di industri bakery. Belcolade terbuat dari 100% bahan organik, khususnya produk yang diproduksi di Belgia,” jelas Liny Susantyo, Marketing Manager PT Puratos Indonesia.

Rangkaian produk Belcolade terbagi atas varian pilihan dalam kelompok Collection dan Selection.

Varian Collection Belcolade Chocolate

Belcolade Noir Ecuador 71%
Dark chocolate couverture dengan standar kualitas internasional yang memiliki paduan rasa yang seimbang antara rasa pahit yang tercipta dari tingginya kadar cocoa mass tetapi tetap lembut dan penuh aroma dengan sedikit rasa manis. Noir Selection Ecuador sangat cocok sebagai filling praline maupun truffles, ganache, sauce, maupun olahan produk pastry dan desserts lainnya yang ingin menonjolkan cita rasa cokelat yang intens.

Belcolade Noir Peru 64%
Cokelat dengan paduan rasa yang menyegarkan antara cocoa mass yang meninggalkan rasa pahit yang elegan dengan cita rasa buah yang segar, menjadikan Peru 64% sebagai cokelat pilihan yang unik. Cocok digunakan untuk chocolate and fruit mousse, chocolate soufflé, filling praline dan truffles maupun crème cremeux sebagai bagian dari entremets.

Belcolade Noir Costa Rica 64%
Costa Rica 64% memiliki rasa dark cokelat yang sangat intens dan aroma cocoa yang pahit. Keunggulan Costa Rica 64% terletak pada citarasa smoky and woody bouquet yang tercipta selama proses pengolahannya. Cokelat ini cocok digunakan oleh para chocolatier dan chef yang senang berkreasi menghasilkan produk pastry, desserts dan cokelat yang inovatif dan penuh cita rasa unik.

Belcolade Lait Venezuela 43%
Venezuela 43% adalah milk chocolate dengan kadar cocoa mass yang tidak terlalu tinggi tetapi masih tetap terasa dengan rasa kacang-kacangan, vanilla dan caramel. Aroma ini menjadikan Venezuela 43% sebagai milk chocolate yang eksklusif yang dapat diaplikasikan dalam pengolahan filling pralines dan truffles, feuilletine, chocolate tart, chocolate mousse, entremets, plaisir sucre, atau produk pastry dan desserts lainnya yang menginginkan rasa manis cokelat yang seimbang.

Belcolade Noir Papua New Guinea 64%
Memakai biji cokelat dari New Guinea 64% dengan cita rasa whisky dan berasap yang dikombinasikan dengan rasa asam cokelat sehingga membentuk body dari cokelat. Ada jejak rasa tembakau dan jamur yang memberikan rasa yang sensasional.

Beberapa produk Collection yang berada dalam rangkaian cokelat organik (biji cokelat, gula dan vanilla yang ditanam di area tanpa memakai pupuk kimia dan susu dari sapi yang memakan pakan organik) adalah Noir Organic 55%, Noir Organic 72%, Lait Organic 34% dan Blanc Organic.

Varian Selection Belcolade Chocolate

Pada varian ini terdapat kelompok bitter dark, milk, white chocolate yang merupakan pengelompokkan berdasarkan cita rasa, viskositas dan kandungan cocoa.Juga terdapat rangkaian Great Taste & Wellnes (GTW) yang mendukung gaya hidup sehat sementara tetap mempertahankan cita rasa lezat, misalnya cokelat sugar free atau no sugar added dan cokelat Oxanti yang kaya anti oksidan.

Dalam pengelompokkan Bitter Dark diantaranya adalah Real Chocolate Sticks 300 , Grains Noir 44, Noir Supreme yang terasa kuat cokelat dan kopinya, Noir Selection yang agak pahit dan manis secara seimbang.

Dalam pengelompokkan Milk diantaranya adalah Grains Lait Selection, Lait Selection, Lait Extra yang sedikit ada rasa asam dan milky, Lait Supreme dengan rasa cocoa yang kuat dan terasa jejak caramel.

Dalam pengelompokkan White diantaranya adalah Grains Blanc Selection, Blanc Selection, Blanc Intense yang tidak terlalu manis dan segar.

Valrhona
Valrhona adalah produsen cokelat Perancis yang berbasis di kota kecil Tain-l’Hermitage di Hermitage yang didirikan pada tahun 1922. Cokelat Valrhona bahkan mendapat pengakuan sebagai cokelat terbaik di dunia. Jika sebuah menu menggunakan cokelat Valrhona, maka kemungkinan besar pihak resto akan menuliskan sebagai nama menu. Vindex Tengker, seorang Celebrity Chef bahkan sempat berkata, “jika menggunakan cokelat Valrhona, maka 99% it’s a success”.

Beberapa Varian Valrhona

Guanaja 70%
Merupakan favorit dari banyak chocolatier dan chef di seluruh dunia. Rasa pahit cokelat yang elegan merupakan ciri khas Guanaja. Hadir dengan bentuk feve cokelat (bentuk koin kecil oval) dan dikemas dengan kemasan 1 kg. Sangat cocok digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan rich chocolate cake, soufflé atau chocolate mousse yang dipadu feuilletine ,ganache dan entremets, fine truffles dan filling praline.

Caraibe 66%
Keseimbangan rasa cokelat yang pekat, tekstur yang lembut dengan aroma cokelat yang intens menjadi keunggulan Caraibe 66%. Seperti Guanaja, Caraibe hadir dengan bentuk feve dan kemasan 1 kg untuk aplikasi yang lebih praktis. Caraibe 66% sangat cocok dibuat sebagai chocolate mousse, campuran cream patissier dan digunakan sebagai filling éclair, cokelat ganache, fine truffles, filling praline, mousse dan entremets.

Manjari 64%
Keunikan rasa cokelat Manjari 64% terletak pada rasa yang pekat dengan paduan asam dari pilihan buah kakao yang digunakan. Manjari memberikan cita rasa menyegarkan dengan sedikit rasa pahit dari kokoa massa berkualitas tinggi, dipadu dengan teksturnya yang lembut dan creamy menjadi penyeimbang yang sempurna. Cocok diaplikasikan sebagai chocolate cremeux dalam layer Black Forest, chocolate mousse untuk filling chocolate tart yang dipadu dengan Raspberry compote maupun fine truffles dan pralines.

Jivara 40%
Salah satu varian cokelat dari Valrhona yang paling populer karena cita rasa yang tercipta dari paduan kokoa massa berkualitas dan komposisi susu dan vanilla, sehingga menghasilkan produk cokelat yang sangat lembut dan creamy. Jivara 40% sudah sangat dikenal sebagai bahan campuran dalam pembuatan Feuilletine, milk chocolate soufflé yang dipadu dengan berry compote, plaisir sucre, filling fine pralines dan truffles.