Chocolate Tempering Utensils

Proses pengolahan cokelat, terutama untuk tempering, membutuhkan beberapa peralatan khusus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya Anda memiliki pengetahuan mengenai alat-alat ini agar bisa menentukan mana yang Anda butuhkan. Uniknya, beberapa alat untuk proses pengolahan cokelat ini mungkin sudah tersedia di rumah sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membelinya lagi.

Triangular Palette Knife / Scraper
Scraper merupakan alat yang digunakan pada proses table top tempering untuk mengaduk cokelat dan memberikan gerakan sehingga menciptakan kristal stabil. Alat ini bisa didapatkan di toko bangunan karena pada dasarnya, alat ini sering digunakan untuk mengelupaskan cat tembok. Beberapa chocolatier lebih memilih untuk membeli scraper yang didesain khusus untuk tempering cokelat dengan harga yang lebih mahal

Meja untuk melakukan table top tempering secara teori bisa terbuat dari bahan apa saja, mulai dari bahan metal, plastik atau batu-batuan. Kayu tidak disarankan untuk tempering karena table top tempering menggunakan scraper yang akan menggores permukaan kayu. Potongan kayu dari goresan ini tentu saja akan tercampur pada cokelat dan ini adalah hal yang tidak diinginkan. Metal terhitung lambat dalam menyerap dan menahan panas lebih lama, dalam hal ini plastik bahkan lebih buruk dari metal. Oleh sebab itu pilihan terbaik adalah batu-batuan, atau secara spesifik granit atau marmer. Keduanya memiliki kecepatan menyerap panas dan tingkat kepadatan yang baik. Bedanya marmer sedikit lebih keras, lebih tahan lama, akibatnya meja marmer harganya cenderung lebih mahal.

Written by Devti Akbar
Photo by Murenk & Imam Saparisman

Baca selengkapnya pada Bakery Magazine edisi Januari 2012