Hummingbird Eatery Sajikan Western Food yang Unik

Jl. Progo no. 14, Bandung

Nama Hummingbird merupakan jenis nama burung yang asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia karena burung ini hanya ada di benua Amerika. Namun, bagi penduduk Bandung dan Jakarta, nama Hummingbird berarti sebuah restoran di Jalan Progo, Bandung yang belakangan ini menjadi perbincangan meskipun baru dibuka pada 29 Desember 2010. Pada saat itu, Jalan Progo belum terlalu ramai dan Hummingbird Eatery merupakan salah satu pelopor perkembangan resto dan café di daerah ini. “Arti Eatery sendiri lebih ke tempat makan kasual, sebuah istilah yang belum begitu populer di Indonesia. Sementara jika kita menyebut restoran atau café kan sudah biasa,” jelas Julia, PR Hummingbird.

Dengan lokasi di tengah kota yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan Gedung Sate, Hummingbird menyajikan 80% menu western food yang unik, contohnya menu “Escargot in Garlic Butter”. Escargot adalah nama Perancis untuk hewan siput. Di Hummingbird, menu ini disajikan dengan presentasi yang cantik sehingga banyak pelanggan yang tertarik untuk mencoba makanan yang rasa dan teksturnya menyerupai kerang ini. Untuk 20% sisanya, Hummingbird berkompromi dengan selera masyarakat lokal yang tampaknya masih setia menikmati masakan Indonesia.

Menggunakan Nama Burung Untuk Menu Crepes
Selain menggunakan nama Hummingbird, unsur burung kolibri juga diusung pada interior restoran seperti pada mural dan bentuk sangkar burung di dinding. Sebagai salah satu menu andalan, Hummingbird sengaja menamakan menu crepesnya dengan nama jenis burung kolibri. “Sweet crepes dinamakan berdasarkan nama jenis burung kolibri betina seperti Anna, Cinnamon, dan Violet, sementara untuk savory crepes, kami menggunakan nama pejantan seperti Costa, Rufous, dan Xantus”, kata Julia.

Menu lain yang menjadi andalan di sini adalah pasta seperti “Homemade Pastitso” dan “Tom Yum Fettuccine” yang merupakan penggabungan unsur western dari penggunaan pasta fettuccine dan unsur dari Asia yaitu Tom Yum. Salah satu menu yang mencatat angka penjualan yang mengagumkan adalah “Hamburg Steak”, daging beef patty (daging burger) dengan penyajian ala steak lengkap dengan telur mata sapi dan French fries. Hummingbird juga menyajikan menu breakfast karena jam operasional yang cukup fleksibel mulai dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam. Menu breakfast andalan di sini adalah “Eating Machine”, buttered toast, beef ham yang disajikan dengan saus lemon.

Selengkapnya dapat dibaca pada Bakery Magazine edisi Desember 2011
Written by Edwin Pangestu / Photo by Murenk & Edwin