Aneka Macam Peralatan Dalam Mendekorasi Cake

Perkembangan dunia cake terutama cake untuk menyambut Natal semakin tahun semakin beragam. Cake Natal tidak hanya enak tetapi juga perlu didekorasi dengan tampilan yang menawan. Untuk itu, pengenalan alat-alat untuk mendekorasi cake Natal haruslah lengkap sehingga aneka bentuk bisa dihasilkan dari peralatan-peralatan tersebut. Beberapa perusahaan di bidang perlengkapan bakery sudah mengeluarkan produknya untuk tujuan mendekorasi cake ini, seperti PT. Trans Standart International kemudian toko juga Toko Mira, Toko WT hingga Toko Ani yang semua berada di Jakarta.

Wilton di Toko Ani
Sebagai salah satu toko bahan kue yang sudah cukup lama hadir menjual aneka produk bahan kue dan roti, Toko Ani termasuk toko bahan kue yang menyediakan peralatan untuk cake decorating yang lengkap terutama dengan merek Wilton. Merek Wilton merupakan salah satu brand besar di bidang cake decorating yang berpusat di Amerika dan Toko Ani sendiri merupakan distributor tunggal untuk brand Wilton ini. “Toko Ani sudah memegang hak sebagai distributor tunggal Wilton sejak tahun 1973,” ujar Virginia Laksana, Owner Toko Ani.

Karena itu tidak heran produk-produk Wilton mulai dari Fondant Roller, Fondant Cut and Press hingga cetakan-cetakan berbentuk huruf Alphabet Wilton tersedia di Toko Ani. Bahkan kerjasama yang terjalin antara Wilton dengan Toko Ani pun tidak sebatas hanya menjual produk saja, Toko Ani pun mendapat kepercayaan bekerja sama dalam mengadakan kursus cake decorating di tokonya, dimana sertifikat yang diberikan langsung dari pihak Wilton Enterprise.

Wilton memiliki produk spuit yang berguna untuk menghias cake yang menggunakan butter cream. Spuit merupakan besi keci yang berbentuk kerucut dan kemudian diletakkan di ujung piping bag yang fungsinya untuk membentuk butter cream. Ujung spuit pada lubang yang kecil memiliki bentuk yang berbeda. Beberapa merek spuit yang beredar di pasaran pun memiliki nomor yang sesuai dengan bentuk dan standar internasionalnya. Biasanya spuit yang memiliki nomor didesain khusus oleh para pakar pembuat cake dekorasi. Spuit dengan merek Wilton dijual dengan bentuk satu set, dimana satu setnya berjumlah 56 pieces.

PT Trans Standart International
PT. Trans Standart Internasional pun tidak mau ketinggalan dalam mengeluarkan peralatan untuk mendekorasi cake. PT. Trans memiliki produk peralatan dekorasi seperti Spuit atau Decoratif Tip kemudian Wood Grain Scraper, Carve Set dan Icing Cutter dengan bentuk yang beraneka ragam. Untuk spuit ini sendiri PT. Trans juga melengkapinya dengan “pasangan” spuit yaitu piping bag. Bermacam Piping Bag yang dikeluarkan oleh PT. Trans memiliki macam-macam material, seperti Nylon, Plasticlined cotton atau canvas, polyester dan plastic. Untuk Spuit sendiri tidak hanya PT. Trans dan Wilton saja yang memiliki beragam jenis , tetapi ada beberapa “pemain” seperti Tan See Fong dan Toko WT yang mendistribusikan produk spuit dengan beragam bentuk.

Written by Dody
Photo doc. BM