U.S. Council of Chefs Berbagi Resep Terbaik

Pada 5 – 7 Juli 2011, Departemen Pertanian AS (USDA) Council of Chefs (CoC) mengikuti Program Train the Trainer di Meranti Magsaysay, Center for Hospitality & Culinary Arts, Jakarta. Michael J. Fleming, Direktur School of Baking Technology at CerealTech, Singapura memberikan pelatihan ini. CoC merupakan kelompok Chef Indonesia dari beragam latar keahlian kuliner yang dibentuk oleh Dinas Pertanian Luar Negeri (FAS) Jakarta. Anggota CoC terdiri dari ahli gizi dan penulis Chef Edwin Handoyo Lauwy (Chef Edwin Lau), hot kitchen chef Muchtar Alamsyah (Chef Tatang), dan baking and pastry chefs Ucu Sawitri dan Haryanto Makmoer.

Para chef ini mengembangkan menu-menu mereka sendiri setelah mempelajari berbagai produk makanan AS. Mereka membagi pengetahuan yang mereka peroleh dengan industri kuliner Indonesia melalui presentasi demo masak di Jakarta dan beberapa kota lainnya di Indonesia. Selama pelatihan yang diberikan oleh Chef Mike Fleming, para chef dari Indonesia tersebut menyiapkan hidangan dengan menggunakan produk dari sejumlah asosiasi produsen pertanian Amerika seperti United States Potato Board (USPB), Washington Apple, Sunkist, Sunsweet, California Grapes, Bard Valley Medjool Fresh Dates dan Sun Maid Raisins. Para chef tersebut juga akan terus bekerjasama dengan asosiasi produsen USDA dan industri makanan lokal untuk mengembangkan menu-menu Indonesia baru menggunakan produk bahan makanan Amerika.

USDA Council of Chefs adalah program tahunan yang disponsori oleh Dinas Pertanian Luar Negeri (FAS) Departemen Pertanian AS (USDA. FAS juga berupaya meningkatkan penjualan produk-produk pertanian AS ke Indonesia, mengembangkan pasar-pasar yang baru, meningkatkan daya saing bagi pertanian AS, dan membangun kapasitas pertanian dan perdagangan Indonesia. FAS juga bertanggung jawab atas negosiasi perdagangan pertanian bilateral.