Home Made Bakery Hadir di Ex-Plaza Indonesia

Telah berdiri sejak tahun 1993, Home Made Bakery kini mulai mengembangkan Bakery shop-nya dengan membuka cabang-cabang di mall yang ada di Jakarta. Salah satunya adalah di EX Plaza Indonesia yang dibuka pada tanggal 19 Juli 2011. Bertempat di Lantai 1, Home Made Bakery di EX Plaza Indonesia mengusung konsep take away dan melengkapi produknya dengan aneka minuman baik berupa teh maupun kopi. Dengan membuka gerai Home Made Bakery di mall-mall ini, Home Made Bakery tidak hanya ingin eskpansi dalam segi tempat tetapi juga segmen yang terus dikembangkan.

Selama ini Home Made Bakery selalu mengincar segmen ibu rumah tangga dan orang-orang kantor. Dengan membuka gerai di Mall ini Home Made Bakery juga ingin mencakup segmen yang lebih luas lagi yaitu anak muda. “Home Made Masih punya banyak produk yang akan dikeluarkan sesuai dengan kondisi setiap lokasi dan Home Made juga membedakan produk yang dijual,” ungkap Darwin Sofyan, Director Home Made Bakery. Lebih lanjut dijelaskan olehnya, untuk menjaring target market anak muda inilah alasan Home Made Bakery di EX Plaza Indonesia menyediakan aneka minuman seperti kopi dan teh di gerainya.

Bagi warga Jakarta, mall EX Plaza Indonesia dikenal sebagai mall yang lebih mengedepankan lifestyle dibanding pusat perbelanjaan. Hal inilah yang dinilai cocok oleh Darwin untuk Home Made Bakery membuka cabangnya. Dengan tidak menggunakan konsep dine in, Home Made Bakery ingin menggabungkan minuman seperti kopi dan dan aneka produk bakery dalam satu kesatuan One stop Bakery shop. “Kopi dan bakery merupakan satu pasang, jadi setelah memilih roti pelanggan juga bisa memilih minuman yang Home Made Bakery sediakan untuk dibawa sambil jalan,” ungkap Darwin.

Pertumbuhan Gerai Tanda Kemajuan Usaha Pesat
Di awal usahanya, Home Made bakery merupakan usaha rumahan dan produk roti dijajakan dengan sepeda kerumah-rumah. Kini Home Made Bakery merupakan salah satu bakery shop besar dengan memiliki 3 sentra produksi sebagai central kitchen dan 17 gerai yang tersebar di Jakarta dan 3 gerai di Area Bisnis Sudirman. Melihat gerainya yang tidak hanya di mall tetapi juga di ruko-ruko, Darwin pun menilai antara Mall dan ruko memiliki perbedaan yang signifikan, terutama untuk mengembangkan bisnisnya, “Di Mall waktu yang dibutuhkan untuk meraih pembeli tidak lama, karena pengunjung sudah ada, kalau di ruko karena bisnis yang dikembangkan ini adalah bisnis makanan, tidak bisa menunggu pelanggan datang dan waktu yang dibutuhkan jadi lama,” papar Darwin. Waktu yang lama ini bisa menyebabkan banyak sisa roti dan itu dinilai merugikan bagi Home Made Bakery.

Tiap gerai Home Made Bakery pasti berbeda produk yang dijual. Di EX Plaza Indonesia ini, Home Made Bakery lebih mengedepankan produk-produk roti-roti yang modern. Crepes Bread menjadi produk unggulan Home Made Bakery untuk para pelanggannya di EX Plaza Indonesia. Dengan dibungkus kulit crepes dan ditambah chili sauce dan mayonaise, produk ini dibuat dalam 4 variasi yaitu Tuna Crepes, Chicken Crepes, Beef Crepes dan Choco cheese Crepes. Kehadiran Home Made baik di ruko sampai di mall kelas atas merupakan sinyal bahwa bisnis bakery yang dikelola dengan tepat pasti berkembang pesat.(Dody)