de Luna Resto & Café

Jl. Jendral A. Yani No 37A-B Lt 4 Makassar (0411-321 333)

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Walaupun telah menempuh berbagai pelajaran dan meraih pengalaman ketika menuntut ilmu di Perancis dan mengunjungi beberapa negara, tidak menggoyahkan tekad Eko Hadiwijaya untuk kembali ke Makassar, tanah kelahirannya. Setelah mendalami ilmu dalam bidang memasak di Perancis selama 4 tahun, Eko tberkeinginan untuk mempraktekkan ilmu yang diperolehnya dengan membuka sebuah resto dan café. “Kebetulan orang tua memiliki sebuah tempat di lokasi strategis yang berdekatan dengan pusat perbankan dan tepat di depan stadion Karebosi. Saya memberanikan diri untuk membuka sebuah bisnis makanan dengan konsep tempat yang nyaman dan tidak terlupakan,”ujar Eko yang menjalankan bisnisnya di bawah naungan PT. Citraselera Multiboga.

Maka pada tanggal 2 Februari 2008 berdiri de Luna, yang merupakan one stop entertainment. Tersedia berbagai pilihan bagi warga Makassar untuk istirahat sejenak dan menikmati berbagai menu makanan dan minuman yang diracik khusus oleh Eko, yang juga menjabat sebagai Executive Sous Chef de Luna Resto & Café. Menu makanan yang disediakan sangat beragam, mulai dari Western food, Thai food, Chinese food dan juga makanan Indonesia. “Saya ingin memberikan pilihan yang beragam bagi para pengunjung. Mengingat sekarang Makassar juga merupakan salah satu tujuan wisata domestik dan internasional, maka saya membuat menu yang lebih dikenal secara umum,”jelas Eko.

One Stop Entertainment
Awalnya de Luna memiliki konsep resto dengan satu areal saja yaitu di lantai 3, dengan kapastitas 350 – 450 pax. Tetapi di tahun 2009, hadir pula beberapa ruang karaoke di lantai 2. “Konsep karaoke di de Luna adalah untuk keluarga dan hanya terdiri dari beberapa room. Setiap ruang didesain secara khusus. Ada ruang yang kecil hingga ruang yang besar yang seringkali digunakan untuk pesta ulang tahun atau acara perusahaan dengan konsep private party,” ujar Eko.

Lantai 1 merupakan area teras, yang dinamakan de Luna Terrace. Dengan konsep yang lebih santai, area ini juga merupakan area favorit bagi para pelanggannya. Dekorasi ruang semi terbuka dengan nuansa putih yang cantik. Tempat duduk yang nyaman menyerupai coffee shop.

Pelanggan juga dimanjakan dengan penampilan hiburan dari musisi Makassar. Di area resto disediakan sebuah panggung yang megah dengan tata lampu dan musik yang apik. “Musik yang ditampilkan tiap hari berbeda-beda jenisnya. Dengan adanya live music yang berkualitas, memberi nilai tambah tersendiri bagi de Luna. Di area tersebut juga disediakan live music dengan format akustik yang lebih simple,”jelas Eko.

Tempat Hang Out Warga Makassar
Eko mengaku pernah mengalami masa yang sulit dalam menjalankan bisnisnya ini. “Pengalaman yang saya dapatkan di luar Makassar tidak bisa saya praktekkan sepenuhnya di sini. Ada beberapa hal yang harus disesuaikan, misalnya mempertimbangkan daya beli masyarakat, kemudian kebutuhan masyarakat Makassar untuk hang out ketika akhir pekan tiba. Saya masih dalam tahap berjuang dalam memberikan pilihan bagi masyarakat Makassar khususnya untuk bisnis fine dining yang saya geluti selama ini,”ujar Eko.

Dengan kesabaran dan kesungguhannya, saat ini pelanggannya datang dari berbagai usia, mulai dari anak muda hingga dewasa dari kalangan menengah ke atas. “Di momen khusus seperti Valentine yang lalu, kami membuat program perayaan Valentine dan sangat sukses. Kalau saja hari Valentine datang di setiap hari,” canda Eko. “Saya optimis menjalankan bisnis ini. Makassar akan semakin berkembang dan diikuti kemajuan gaya hidup masyarakatnya,” tutur Eko yakin saat menutup wawancara dengan BAKERY MAGAZINE. (wn)